Creator Copy Paste dan Law Attitude

oleh

CILACAP.INFO – Semua orang di dunia ini memiliki potensi dan bakat sekalipun bakatnya itu adalah copy paste, begitu juga seorang creator Media Sosial (medsos).

Menilik fenomena media sosial terkini, yang namanya konten kreator kian bertebaran dan membanggakan diri mereka meskipun itu tidak semua. Bahkan ada juga yang tidak memiliki karya dari mereka sendiri melainkan copy paste.

Bahkan jurnalis pun seperti tidak ada apa-apanya dibanding mereka, hal itu pernah saya rasakan dari mulai cibiran dan semacamnya.

Creator yang suka copy paste seperti Copas blog dari Media Siber, blogger lain, media UGC tanpa sumber, hal ini akan dijauhi oleh blogger lainnya, dan pernah juga saya jumpai, salah satu blogger copas blog orang lain, seperti milik blog Mastrigus yang di copas oleh salah satu blogger.

Blogger tersebut jika dilihat dari akunnya rendah attitude dan kerap menyepelekan lainnya, dan Bahkan ketika diminta jangan copas, dia malah melanjutkan hal itu seolah ngga punya salah.

Apalagi jika mengejek jurnalis yang memang melakukan tugasnya sesuai kode etik, ada berita A1 dan dapat dipertanggungjawabkan seperti mencemooh, bisa saja justru sang kreator dipenjara.

Mungkin kreator yang seperti itu mengira tidak mungkin dan tidak akan sampai seperti itu, benarkah demikian. Anji sang vokalis Band saja ketika menjadi Citizen Journalism harus berhadapan dengan hukum dan tidak dapat mengadu ke Dewan Pers.

Pasalnya Citizen Journalism bisa dilakukan siapa saja, namun terkait etika bermedia juga harus dijunjung tinggi.