Pendidikan Seni Budaya yang Diajarkan Sejak Dini, Akankah Dapat Membentuk Aspek Perkembangan dalam Kreativitas Anak

Eliana Putri Salsabila, Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd, M.Pd Mahasiswa PGSD, Dosen PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang
Eliana Putri Salsabila, Mahasiswa PGSD dan Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd, M.Pd, Dosen PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang.

Ilmu seni dan budaya merupakan suatu ilmu pendidikan yang memiliki keunikan dan keindahannya sendiri yang sangat penting untuk dipelajari oleh kita semua.

Terlebih pada tingkatan sekolah baik di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, maupun Perguruan Tinggi yang tentunya terdiri dari berbagai generasi. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan muatan pelajaran seni budaya di jenjang sekolah, tidak akan kita dapati di muatan pelajaran lainnya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pendidikan seni budaya ini sudah menjadi suatu elemen penting tentunya dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya muatan pembelajaran tersebut lah peserta didik diberikan suatu ruang lingkup untuk mengeksplorasi kreativitasnya di setiap perkembangannya.

Hal ini dirancang oleh sistem pendidikan sebagai suatu wadah untuk anak dapat memperluas wawasan mereka mengenai ragam seni dan budaya yang ada di Indonesia.

Hal ini tidak hanya sebatas teori saja, namun sekaligus juga dapat ikut serta dalam melestarikan budaya kita.

Selain itu, peserta didik juga dilatih untuk dapat mengembangkan potensinya dalam dunia seni melalui berbagai jenis seni baik dalam seni rupa, seni tari, seni musik, maupun seni teater.

Melalui pembelajaran pendidikan seni budaya inilah anak diberi kesempatan untuk menjadi individu yang dapat berpikir kreatif serta berinovasi sesuai dengan perkembangannya.

Di jenjang Sekolah Dasar, pembelajaran pendidikan seni budaya memiliki konsep tersendiri yaitu peserta didik akan dibimbing semasa perkembangannya dalam aspek perkembangan sikap, mental, serta fisik peserta didik itu sendiri.

Hal ini dilakukan karena pada tahap ini merupakan masa-masa yang paling optimal untuk pembentukan kreativitas mereka dalam pendidikan seni budaya.

Namun, tingkat perkembangan kreativitas mereka pun beragam, sesuai dengan tingkatan kematangannya dalam mempelajari ilmu ini.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS
iklan pemilu h sarif abdilah

Berita Terkait