Tadinya tak Ada, Dibawa ke Indonesia ko Menyebar Luas, Ini Fakta Seputar Eceng Gondok

oleh

CILACAP.INFO – Eceng Gondok bisa dijumpai di Indonesia seperti di Kolam penduduk, di Sungai, Rawa, dan di Danau. Ternyata sejarahnya, bahwa tanaman ini dahulu tidak ada di Indonesia, ko bisa? cek fakta dan kisahnya.

Tanaman ini merupakan tanaman bule, pasalnya memang terdapat di luar negri. Adapun berkembang biak dan menyebar luas ketika di bawa ke indonesia.

Padahal, awalnya tanaman ini cuma ada di Kebon Raya Bogor yang dibawa dari Amerika Selatan tepatnya dari negara Brazil oleh seorang ahli Botani.

Baca Juga :   Nikahan, Pengantin Pria di Banyumas Berikan Maskawin Berupa Bibit Pete

Berdasarkan Hasil penulusuran Cilacap.info, ternyata tanaman ini pertama kali ditemukan di sungai Amazon.

Tanaman ini memang hidup di perairan dengan mengapung di atas air. Kehadiran tanaman ini juga bisa menganggu apabila terdapat di sungai.

Misalnya jika hujan tiba, jika di sungai terdapat tanaman ini dengan populasi yang cukup banyak, maka bisa berdampak banjir karena saluran air tersumbat.

Tapi tanaman ini juga bisa mengurangi polutan sungai, sehingga air sungai menjadi jernih atau bersih.

Eceng gondok juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber ekonomi masyarakat. Misalnya kerap dibuat tikar oleh para pengrajin tikar. Bahkan ada UMKM dari kerajinan berbahan Eceng Gondok di Indonesia yang go Internasional.