Pilkada dan Wisata Politik Rakyat

by

Hari-hari belakangan kini, suhu politik kembali berputar Roda demokrasi rakyat kembali bergeliat dengan diadakannya Pilkada langsung pada 9 Desember 2020. Partai-partai politik berakrobat dengan saling dukung mendukung calonnya masing-masing di tengah wabah Pandemi Covid-19. Tahapan demi tahapan Pilkada tahun ini, dilalui dengan standar protokol kesehatan. Mulai cuci tangan sebelum masuk acara, bermasker, jaga jarak dll, di tengah padatnya jadwal Pilkada dan kelesuan ekpnomi yang hampir merata.

Mereka tidak hanya menyaksikan ornamen kebudayaan daerah lewat penampilan penyelenggara dan para paslon menggunakan busana daerah. Atau simbol-simbol budaya lain yang digunakan menghias panggung atau bangunan tertentu.

Lebih dari itu, masyarakat menyaksikan dari dekat bagaimana politik sebagai seni dimainkan dengan estetika dan etika tinggi. Mereka mendapatkan pengetahuan menegakkan benang demokrasi di tengah beragam kepentingan yang saling tarik menarik.

Itulah sebetulnya substansi wisata politik dalam pilkada. Selain berfungsi sebagai mekanisme demokrasi dalam hal memilih pemimpin, pilkada juga menjadi hiburan mencerdaskan secara politik dan mengajarkan berdemokrasi dengan lebih dewasa.

Dengan begitu muncul rasa ingin tahu dan tertarik untuk ikut hadir di dalamnya secara aktif. Sebagaimana lazim orang yang ingin bertamasya atau berwisata, tidak ada unsur keterpaksaan. Semua dilakukan dengan kesadaran, kemauan sendiri karena ingin hiburan.

Tempat wisata yang baik tidak hanya menyediakan beragam fasilitas bermain atau pemandangan indah sehingga pengunjung terhibur, tapi juga memastikan ada nilai edukasi di dalamnya. Ini menjadi pekerjaan berat memang.

Menjadikan medan laga pilkada sebagai arena pertarungan politik yang demokratis, menarik, menghibur, sekaligus mendidik tidaklah mudah. Butuh kemampuan berkreasi ketika melaksanakan aturan hukum pilkada yang kaku.

Dan ini bukan hanya tugas penyelenggara. Peserta pilkada pun berkewajiban menampilkan atraksi politik santun dan taat aturan main.