Munas NU Digelar 25-26 September 2021

by
Indonesia

JAKARTA, CILACAP.INFO – Munas NU Akan Soroti Soal Negara, Digelar 25-26 September 2021
Munas Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 akan diselenggarakan 25-26 September 2021.

Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) akan diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, pada 25-26 September 2021.

Forum tertinggi kedua di bawah Muktamar NU ini akan membahas berbagai masalah bangsa di berbagai bidang seperti kesehatan, politik, hukum, dan keamanan (polhukam), pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan rakyat (kesra).

“Pembahasan tersebut akan menghasilkan sejumlah butir rekomendasi dari setiap bidang dan ditujukan kepada pemerintah,” kata Ketua SC Munas NU, Ahmad Ishomuddin saat konferensi pers, Kamis (23/9/2021).

Pada bidang kesehatan, forum akan membahas masalah dari sisi hulu, tengah, dan hilir, yaitu mulai dari sosialisasi dan protokol kesehatan, proses vaksinasi massal, hingga pentingnya pembenahan sistem pendidikan nasional.

Sementara di bidang polhukam, kepemimpinan dan kebijakan pemerintah selama masa pandemi COVID-19 juga akan disorot.

“NU melihat, kepercayaan publik mungkin menurun bila aturan tidak dijalankan secara konsisten,” lanjutnya.

Dalam acara ini juga akan membahas tentang pentingnya Pemerintah Pusat dan Daerah fokus pada penanganan pandemi sebagai isu kesehatan dan kemanusiaan, bukan isu politik partisan.

NU juga menilai perlunya Komisi Pemberantasan (KPK) untuk lebih mengintensifkan penggunaan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) termasuk yang penghargaan untuk bantuan sosial (Bansos) dalam rangka memelihara tata kelola yang baik dalam situasi yang tidak terduga atau tak dapat dilihat.

Selain itu, di bidang kesra juga akan disorot, terutama mengenai pemulihan strategi kehidupan warga sebagai prioritas lebih tinggi dibandingkan dengan industri besar yang dapat meningkatkan di masa depan.

Komentar