Kecamatan Dayeuhluhur Gelar Bimtek Penyusunan APBDes Tahun 2024

Bimtek Penyusunan APBDes Tahun 2024 se-Kecamatan Dayeuhluhur
Bimtek Penyusunan APBDes Tahun 2024 se-Kecamatan Dayeuhluhur

CILACAP.INFO – Dalam rangka menyongsong tahun anggaran 2024, Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap mengundang semua desa di Kecamatan Dayeuhluhur untuk mengikuti Bimtek penyusunan APBDes.

Dalam acara ini dihadiri oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa dari 14 Desa di Dayeuhluhur. Adapun acara diselenggarakan pada hari Kamis, 30 November 2023 yang bertempat di Pendopo Kecamatan Dayeuhluhur dengan 3 narasumber, Pertama dari Plt Kabid Pembinaan Pemdes Dispermades Kabupaten Cilacap, Bramantyo Sutikno, Inspektorat Cilacap, Slamet Riyadi, dan Tenaga Ahli Kementerian Desa PDTT Kabupaten Cilacap, Sapto Hari Segi.

Acara ini bertujuan agar seluruh desa di Kecamatan Dayeuhluhur memiliki dasar pokok dalam mengelola keuangan yang berkaitan dengan pelaporan keuangan dan realisasinya.

Plt Kabid Pembinaan Pemdes Dispermades Kabupaten Cilacap, Bramantyo Sutikno memberikan pemaparan dan presentasi di hadapan seluruh Kades yang hadir.

Adapun Inti dari pemaran ini yakni prioritas penggunaan dana desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pembangunan meliputi pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana prasarana desa, pembangunan potensi ekonomi lokal, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan berkelanjutan.” Paparnya.

Lebih lanjut terkait Pemberdayaan Masyarakat Desa meliputi penyelenggaraan promosi kesehatan dan gerakan masyarakat hidup sehat, penguatan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan desa, pengembangan kapasitas produktif dan kewirausahaan masyarakat desa, pengembangan seni budaya lokal, dan penguatan kapasitas masyarakat dalam rangka mitigasi dan penanganan benca alam dan non bencana alam.

“Saya berharap pada kegiatan Bimtek ini, agar seluruh Desa di Kecamatan Dayeuhluhur agar selalu bersinergi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.” Tutupnya.

Senada dengan Sutikno, Camat Dayeuhluhur Wawan Mardiono juga menyampaikan agar Kepala Desa dan Sekretaris Desa selalu bersinergi dan melaksanakan tupoksinya. Ia menghimbau agar Kades dan Sekdes aktif dalam memantau grup whatsapp. Sehingga jika ada kegiatan atau ada keperluaan bisa langsung dikoordinasikan.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS
iklan pemilu h sarif abdilah

Berita Terkait