Mahasiswa Unismuh Purwokerto Buka Peluang Usaha Makanan Jepang

produk UMKM Sushikuu
produk UMKM Sushikuu

PURWOKERTO, CILACAP.INFO – Perekonomian Indonesia mulai pulih setelah terkena dampak wabah pandemi Covid yang berlarut-larut.

Berbagai upaya untuk menghidupkan kembali perekonomian telah digalakan oleh pemerintah Indonesia. Salah satunya adalah menggencarkan dan pengembangan sektor usaha mikro, kecil dan menengah.

Pelaku bisnis baru bermunculan dan menjamur, terutama di kalangan Milenial dan Gen Z. Minat generasi milenial untuk memulai berbisnis semakin bertambah seiring dengan maraknya gaya hidup era modern untuk mendorong kebebasan finansial, khususnya di kalangan milenial.

Wabah pandemi covid mengakibatkan Indonesia mengalami guncangan penawaran. Hal ini disebabkan oleh peningkatan angka pengangguran. Ketika permintaan tenaga kerja menurun sehingga mengakibatkan situasi demand reserve.

Situasi ini disebabkan belum jelasnya tindakan pemerintah dalam memberikan kebijakan ekonomi yang dapat memberikan keringanan kepada masyarakat sehingga masyarakat yang terkena dampak mengalami penurunan pendapatan.

Menurunnya pendapatan masyarakat menyebabkan turunnya daya beli masyarakat. Dengan kondisi tersebut, investor pasti sangat ragu untuk berinvestasi hingga keadaan kembali normal.

Dapat disimpulkan bahwa situasi pandemi Covid-19 saat ini telah membuat keadaan ekonomi Indonesia menjadi sangat buruk. Kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat adalah kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.

Kebijakan ini dilaksanakan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat karena keduanya berperan strategis dalam kelancaran implementasi kebijakan yang ditujukan untuk merevitalisasi perekonomian Indonesia.

Pemerintah menempuh kebijakan fiskal dengan harapan dapat mengurangi dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Selain itu, kebijakan tersebut ditujukan untuk merevitalisasi kegiatan pelaku ekonomi, termasuk UMKM.

UMKM merupakan pilar terpenting perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia adalah 64,19 juta, dimana usaha mikro dan kecil sangat mendominasi, yaitu 64,13 juta, terhitung sekitar 99,92% dari seluruh sektor usaha.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS
iklan pemilu h sarif abdilah

Berita Terkait