Gila, Taiwan Legalkan Perkawinan Sesama Jenis

cilacap info featured
cilacap info featured

TAIPEI: Parlemen Taiwan telah mengesahkan pernikahan sesama jenis pada hari Jumat (17 Mei 2019). Dan Pengesahan kelegalan ini menjadi yang pertama di Asia.

Anggota parlemen Taiwan mengesahkan RUU, dengan 66 suara menjadi 27, memungkinian pasangan sesama jenis untuk membentuk “serikat permanen eksklusif” dan klausul lain yang akan memungkinian mereka mengajukan “pendaftaran perkawinan” dengan lembaga pemerintah.

Pemungutan suara – yang berlangsung pada Hari Internasional Melawan Homofobia, Transphobia dan Biphobia – adalah kemenangan besar bagi komunitas LGBT di pulau itu dan pemilihan itu menempatkan pulau itu di garda depan gerakan hak-hak gay yang sedang berkembang di Asia.

Ribuan pendukung hak-hak gay berkumpul di luar parlemen meskipun hujan deras, mengibarkan bendera pelangi, memamerkan tanda-tanda kemenangan dan bersorak saat berita tersaring.

Dalam beberapa bulan terakhir, kaum konservatif telah memobilisasi untuk menyingkirkan hukum rujukan apa pun tentang perkawinan, alih-alih mengedepankan tagihan saingan yang menawarkan sesuatu yang lebih dekat dengan serikat pekerja sesama jenis yang terbatas. Tetapi tagihan itu berjuang untuk menerima suara yang cukup.

Namun, undang-undang itu mengizinian pernikahan sesama jenis hanya antara Taiwan, atau dengan orang asing yang negaranya mengakui pernikahan sesama jenis. Ini memungkinian adopsi anak-anak yang terkait secara biologis dengan setidaknya satu dari pasangan berjenis kelamin sama.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia memuji pemungutan suara pada hari Jumat, mengatakan kemampuan untuk mengajukan “pendaftaran perkawinan” – dikenal sebagai Klausul Empat – menempatkan komunitas mereka jauh lebih dekat dengan paritas dengan pasangan heteroseksual.

“Bagian dari Klausul Empat memastikan bahwa dua orang dari jenis kelamin yang sama dapat mendaftarkan pernikahan mereka pada 24 Mei dan memastikan bahwa Taiwan menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis dan berhasil membuka halaman baru dalam sejarah,” kata Aliansi Taiwan untuk Mempromosikan Hak-Hak Kemitraan Sipil.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS
iklan pemilu h sarif abdilah

Berita Terkait