Awalnya Tak Kira Seledri Ngga Taunya Peterseli, Ternyata Berbeda Meskipun Daunnya Mirip

oleh

CILACAP.INFO – Sekilas bentuk daun Peterseli samaan dengan daun Seledri, namun faktanya dua daun tersebut berbeda.

Berdasarkan hasil penelusuran Jurnal Online, kami menemukaan perbedaan diantara keduanya. Diketahui, bahwa Daun Peterseli memiliki nama ilmiah Petroselinum Crispum sedangkan Seledri adalah Apium Graveolens.

Penulis dalam hal ini, pernah merasakan daun Peterseli ini ketika bekerja di Arab Saudi. Awalnya admin mengira daun ini adalah daun seledri, namun ketika dimasak ternyata rasanya jauh berbeda dengan seledri.

Di arab saudi, daun ini bisa didapatkan di pasar dengan harga 1 real, oleh sebab itu penulis pernah membelinya 5 ikat (5 real).

Baca Juga :   Ini Dia, Lada Bibit asal Cilacap yang di Pasarkan hingga Lampung

Namun setelah dimasak untuk campuran sup dan juga mie instan, sungguh sangat mengecewakan. Tentu saja rasanya teramat asing kala itu.

Hal ini juga yang mendasari penulis menemukan ide untuk menulis artikel tentang peterseli.

Peterseli ini kerap digunakan untuk garnish, hampir di setiap makanan di arab saudi sana bahkan menggunakan campuran peterseli. Seperti pada makanan ala Kebab, Sawarma, dll, makanan jenis inilah yang cocok untuk dengan campuran peterseli.

Usut punya usut, ternyata tanaman satu ini terdapat di benua eropa, seperti turki, tak ayal jika kebab turki pun dilumuri peterseli. Namun, tanaman ini juga menyebar di negara timur tengah, kemungkinan asia selatan dan persia juga ada. Nama lain dari daun satu ini adalah Parsley.