TKI asal Timor Tengah NTT Dimangsa Buaya di Malaysia

by
Indonesia

Kupang, CILACAP.INFO – Tenega Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Timor Tengah Nusa Tenggara Timur (NTT) Dimangsa Buaya di Malaysia. Potongan tubuh jenazah pekerja migran Indonesia dikrim dari Negeri Jiran Malaysia Rabu (9/2019).

Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Siwa mengatakan. TKI tersebut adalah TKI yang berangkat ke Malaysia dengan cara non prosedural (ilegal).

“Kejadian atau penemuan potongan tubuh TKI tersebut yaitu diketahui pada bulan Maret 2019 lalu di sungai Serawak, Korban diketahui bernama Yosep Tefa.” Jelasnya.

Ia menerangkan bahwa proses untuk memastikan potongan tubuh yang dimangsa buaya itu adalah TKI tidaklah sebentar melainkan dengan proses yang cukup lama.

“Untuk memastikan potongan tubuh tersebut adalah benar TKI asal Indonesia butuh waktu yang cukup lama. Dalam indentifikasi dan kepastian tubuh tersebut diperlukan sampel darah orang tua Yosef. Usai dimintai sampel darah ayahnya, lalu sampel itu di kirim ke malaysia oleh pihak dari BP3TKI Kupang. Hal itu guna mengecek DNA Korban.” Terang dia.

Lebih lanjut, Siwa mengatakan. Usai di identifikasi dengan darah ayah korban, ternyata hasilnya positif, bahwa korban adalah WNI asal NTT bernama Yosef Tefa.

“Jadi, Potongan tubuh korban baru bisa dikirim ke Indonesia dari Malaysia usai melalui proses panjang. Yaitu melalui identifikasi dan kepastian bahwa potongan tubuh itu sesuai dengan dengan DNA ayahnya.” Kata Siwa.

Siwa mengakhiri penjelasannya, “Pengiriman potongan tubuh Yosef baru tiba pada hari Rabu (9/2019) di Bandara El Tari Kupang.” Ungkapnya.

Komentar