Tips Memilih Kamera DSLR Bekas, Agar Tidak Menyesal Kemudian

by

CILACAP.INFO – Kehadiran kamera Prosumer dan Mirorrless tidak menjadikan kamera DSLR semakin sedikit peminatnya. Dijumpai dibebarapa forum seperti di laman Kaskus, bahwa pecinta kamera DSLR ternyata masih banyak.

Memang apabila ingin memiliki kamera DSLR baru, para calon penggunanya harus rela merogoh kocek yang tidak sedikit. Akan tetapi jika budget yang dimiliki minim atau tipis, barang second atau bekas bisa jadi solusi alternatif.

Membeli kamera bekas juga harus teliti, agar para pengguna tidak menyesal di kemudian hari. Lalu bagaimanakah cara membeli kamera DSLR bekas namun berkualitas? Simak sedikit di bawah ini:

1. Cek Harga Pasaran Second

Mengecek harga pasaran kamera DSLR perlu diketahui oleh calon pembeli, pasalnya jika tidak mengetahui harga pasaran, bisa jadi kamu akan menyesal, sedang uang yang telah dikeluarkan itu bisa jadi untuk membeli kamera lainnya yang speknya lebih tinggi.

2. Cek Barang dan Utamakan COD atau Ketemuan

Membeli kamera DSLR bekas diutamakan untuk COD atau ketemuan dengan penjualnya, dan cek terlebih dahulu barangnya. Mengecek barangpun tidak hanya terkait lensanya kinclong alias tidak berjamur (NO Vignette), potret dan kemudian deal, akan tetapi cek tombol dan layar digital juga cek colokan USB nya, apakah berfungsi atau tidak juga perlu.

Pasalnya jika membeli kamera keluaran lama meski speknya bagus, akan tetapi belum mendukung wireless maka usb harus diteliti agar dapat dipastikan bahwa kamera tersebut masih ok. Pasalnya jika harus keluarin memory setiap saat, yang ditakutkan akan merusak memory atau SD Card kamera itu sendiri. Jika tidak ada Laptop, lebih mudah lagi dan Anda juga bisa mengeceknya via HP yakni dengan menghubungkan kabel USB OTG dari kamera ke hp anda.