TERNYATA INI YANG MEMBUAT NAPI TERORIS UCAP IKRAR SETIA PADA NKRI DI LAPAS HIGH RISK PASIR PUTIH

by
Indonesia

NUSAKAMBANGAN, CILACAP.INFO – Sistem Pemasyarakatan diselenggarakan dalam rangka membentuk Warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

Keberhasilan dalam pembinaan Napiter adalah dengan membuat seorang terpidana Terorisme untuk kembali mencintai NKRI dan tidak terjerat kembali dalam kelompok/jaringannya. Menurut Kakanwil Jawa Tengah, A.Yuspahrudin mengatakan bahwa tidak mudah membuat seseorang terpidana Terorisme kembali Setia terhadap NKRI, sebuah keberhasilan yang luar biasa jika ada Napiter yang bersedia menyatakan Ikrar Setia terhadap NKRI.

Perlu diketahui, Kejahatan Terorisme adalah kejahatan yang luar biasa ( extra Ordinary Crime), Maka penanganannyapun berbeda dengan tindak pidana umum lainnya. Pemberantasan tindak pidana Terorisme bukan berarti menghilangkan nyawa dari kejahatan tersebut, namun menghilangkan faktor-faktor penyebab dari teroris dalam melakukan aksinya, Salah satu caranya adalah dengan melaksanakan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan.

Ada berbagai macam standar program pembinaan Napiter, seperti salah satunya yaitu program Profiling. Profiling merupakan Kegiatan pencatatan perilaku seseorang (atau kelompok), dan melakukan analisis secara karakteristik psikologi dengan tujuan memprediksi kemampuan terhadap suatu bidang tertentu.

“Terus Optimalkan pembinaan di Lapas High Risk Pasir Putih, kerahkan semua upaya untuk membina para Napiter, Serta tidak terlepas dari Koordinasi dan sinergi dengan stakeholder dalam proses pembinaan Narapidana” Tegas Kalapas High Risk Pasir Putih, Fajar Nur Cahyono saat Kegiatan rapat dengan para Pamong dan Wali Napiter

Selanjutnya, berdasarkan kegiatan Profiling tadi, maka petugas dapat mengetahui pandangan idealisme Napiter terhadap konsep jihad, Tingkat radikalisme Napiter, dapat menentukan penempatan Napiter di Lapas sehingga dapat mencegah gangguan Kamtib, serta dapat dilakukan pemetaan jaringan berdasarkan faksi dan aliran Napiter.

Komentar