Viral! Terkena Hipotermia Saat Mendaki Malah Wik Wik Agar Sembuh

ilustrasi pelukan diatas gunung (Cilacap.info)
ilustrasi pelukan diatas gunung (Cilacap.info)

Cilacap.info — Jagad dunia maya digegerkan dengan keviralan sepasang pendaki melakukan wik wik untuk menangani hipotermia saat mendaki gunung.

Hal ini diungkapkan oleh pemilik akun Instagram @willykurniawanid. Ia mengatakan dalam statusnya, bahwa dia pernah menjumpai teman wanita mengalami hipotermia pada saat mendaki Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat (NTB). Berbagai upaya telah dilakukan untuk menolong wanita tersebut bahkan hampir meninggal. Namun pada saat situasi seperti itu, ada anak dari Mapala yang menyarankan untuk menyetubuhi wanita yang terkena hipotermia tersebut.

Karena dirasa tidak ada lagi cara lain untuk menolong wanita tersebut, kemudian saran dari anggota mapala pada akhirnya diikuti oleh kekasih wanita (pacar). Hal itu dilakukan sebagai upaya menghangatkan tubuh si wanita.

"Gw pernah ada kasus cewek hipotermia hampir meninggal di Gunung Rinjani. Segala cara udah dicoba, tapi cewek ini gak membaik. Akhirnya ada anak mapala yg berpengalaman yg nyaranin untuk menyetubuhi cewek ini agar suhu tubuhnya hangat. Akhirnya salah satu teman dekatnya cowoknya menyetubuhi cewek tersebut," tulis akun Instagram Willy Kurniawan.

Penyebab Hipotermia


Diketahui, hipotermia bisa terjadi pada seseorang ketika panas tubuh berubah menjadi dingin.

Kondisi semacam ini bisa terjadi, Salahsatunya yakni pada saat melakukan pendakian ke gunung. Karena suhu di gunung begitu dingin.

Viral Wik Wik saat terkena hipotermia adalah menyesatkan

Dengan adanya postingan wik wik saat terkena hipotermia tersebut, Tulisan ini sontak menjadi heboh dan viral di internet. Hal ini juga ditanggapi oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Sudiyono. Bahwa melakukan persetubuhan karena hipotermia adalah saran yang menyesatkan.

"Tidak benar dengan melakukan persetubuhan bisa mengatasi hipotermia. Ini adalah saran yang menyesatkan dan bisa berdampak diikuti oleh para pendaki lain yang mengetahui berita tersebut. Jadi saran bersetubuh sangat disayangkan dan menyesatkan. Pasalnya hipotermia bisa diatasi denganm engganti baju yang kering, menggunakan jaket thermal dan masuk ke sleeping bag." Kata Sudiyono.

Ditempat terpisah DR. Wahyuni menjelaskan. Justru dengan melakukan persetubuhan energi akan berkurang. Karena di ketinggian seperti di puncak gunung, cuaca sangat dingin sehingga panas terjadi didalam tubuh bukan di luar tubuh.

"Aktivitas bersetubuh saat terkena hipotermia justru bisa membuang energi. Panas dalam tubuh bisa berkurang. Jadi bersetubuh pada saat terkena hipotermia itu tidak benar," Jelas Dr. Wahyuni.


Penulis : huda
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 37 Pos