Mengenal Citizen Journalism dan PPWI

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Ranah media online blog berupa indie bisa dikatakan blogger yang mana aktivitasnya dilakukan oleh seorang warga (Citizen). Sedangkan terkait dengan tulis menulis berdasarkan pelaporan, mencari, mengumpulkan informasi, Bahkan melakukan percakapan bisa dikatakan dengan kegiatan jurnalistik.

Di massa modern seperti ini, peran warga juga sangat dibutuhkan dalam pelaporan, Bahkan dalam dunia citizen journalism. Media Mainstream juga mengambil riset terpopuler dari yang banyak dipublikasi para Citizen Journalism di Platform nya.

Diketahui, ternyata ada suatu organisasi yang memiliki DPC (Dewan Perwakilan Cabang) yang sudah berdiri di banyak kota dengan basis anggotanya beragam. Yakni ada yang dari blogger, atau juga media berbadan hukum semisal PT.

Namanya adalah PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia), dan berdasarkan apa yang ada di laman resminya, di alamat pewarta-indonesia.com. Bahwa PPWI didirikan di Jakarta pada tanggal 11 November 2007 dengan Ketua Umum PPWI adalah Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA.

Cilacap.info sebagai platform media citizen journalism dan juga di garap oleh bermacam latar belakang, tentunya tidak ingin membahas pro dan kontra.

Kami hanya ingin mengenal dan berjabat erat dengan siapa saja, dan mesti kami berplatform blog berhosting, bukan tanpa alasan suatu saat jika ada rejeki membuat media online cyber. Tentunya sebelum itu, dibutuhkan riset dan juga pengenalan organisasi yang berkecimpung dalam dunia tulis menulis, baik itu Pers, maupun Citizen Journalism.

Mengapa demikian, karena dengan ini sehingga tidak ada saling menjelekkan antara pers dan blogger termasuk Citizen Journalism. Bahkan blogger itu sudah ada sejak lama dan bukan fenomena baru yang mendadak dikucilkan.

Ada suatu hal yang kami sependapat dengan PPWI, bahwanya peran serta warga dalam hal peliputan juga sangat penting. Namun juga tanpa mengabaikan kode etik.

Komentar