Media Online Masa Kini, Akurat, Mengedepankan Etika

Ini Yang Perlu Diperhatikan Jika Menempatkan Subdomain di Dokumen Root Public_Html

Ilustrasi WordPress
Ilustrasi WordPress

CILACAP.INFO – Membuat website dengan banyak Subdomain bisa dibuat dengan Wildcard subdomain jika hosting yang anda gunakan support. Namun jika tidak maka bisa dengan membuat banyak subdomain secara manual.

Membuat website dengan subdomain bisa dibuat di Dokumen Root tersendiri atau bisa juga di Public_Html jika ingin membuat Multisite seperti halnya di WordPress Self Hosted.

Kalau menurut hemat kami, penggunaan Multisite Subdomain di WordPress lebih baik ketimbang harus membuatnya lagi dengan dokumen root tersendiri. Alasannya karena Multisite seperti ini akan hemat memory penyimpanan.

Kemudian ada juga yang memanfaatkan subdomain sebagai CDN daripada Asset seperti Gambar dan File lainnya. Akan tetapi subdomain sebagai CDN ini mungkin lebih efektif jika dihubungkan dengan CDN seperti Cloudflare.

Namun karena CDN dari Subdomain tersebut ditempatkan di Dokumen Root Public_Html maka jika anda mengakses link dari domain utama dan menggantinya dengan subdomain akan bisa diakses juga tanpa mengalihkan atau redirect.

Misal anda memiliki subdomain untuk gambar misalnya dari url img.cilacap.info, namun ketika anda mengakses img.cilacap.info anda dapat mengakses home page, post, taxonomy persis seperti di domain utama.

Perihal di atas bisa membuat duplikat konten dan tentu saja bisa dianggap buruk oleh mesin pencarian seperti Google jika tidak di Redirect.

Namun tidak masalah meskipun tidak di redirect ke url asli asalkan memiliki tag canonical.

Namun sayangnya tidak semua tema wordpress terdapat Canonical di semua laman, misalnya di category, tag atau Taxonomy melainkan hanya di Pos.

Hal di atas jelas dianggap buruk oleh mesin pencari dan dianggap duplikat konten, dan dampaknya bisa saja yang muncul justru CDN subdomain itu bukan domain utama. Tak hanya itu, bisa saja malah tidak muncul sama sekali karena di deindex.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait