Mudik Lebaran Icip-Icip 10 Kuliner Cilacap Berfoto Dapat Hadiah

cilacap info featured
cilacap info featured

Sebentar lagi lebaran tiba. Sudah pasti banyak perantau dari Cilacap mudik ke kampung halaman tercinta.

Sekian lama mengadu nasib atau bersekolah diperantauan, pastinya sangat merasa kangen dengan berbagai hal dari kampung halaman.

Seperti halnya kuliner khas Cilacap yang selalu bikin hati kangen, apalagi banyak kuliner khas daerah yang jarang dijumpai di perantauan.

“Cilacap memiliki berbagai kuliner yang menajdi pilihan #PesonaMudik2019. Apalagi banyak kuliner Cilacap yang jarang dijumpai di tempat lainnya. Seperti halnya seafoodnya yang nendang,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Nah buat yang penasaran, berikut 10 kuliner khas Cilacap yang menjadi rekomendasi untuk dinikmati bersama keluarga.

1. Brekecek Pathak Jahan Jl. Slamet

Sekilas, makanan tradisional yang menjadi kekayaan kuliner sebuah kabupaten di pesisir Pulau Jawa ini tampak seperti rica-rica. Kuahnya kental berwarna kuning kemerahan. Tapi soal rasa, kuliner ini punya cita rasa berbeda.

Merunut penuturan penduduk asli Cilacap, munculnya istilah brekecek berawal dari proses pembuatan masakan itu sendiri.

Kata brek yang berarti ‘dijatuhkan” dan kecek yang mempunyai arti ‘dicampur’, merupakan perpaduan kata yang mengacu pada teknik menceburkan/menjatuhkan ikan ke dalam olahan bumbu dapur yang telah dicampur dengan air. Sedangkan istilah pathak yang dalam Bahasa Jawa berarti ‘kepala’, menunjuk pada kepala ikan laut jenis ikan jahan yang menjadi bahan utama masakan ini.

Ikan jahan dipilih menjadi bahan utama yang paling sering digunakan dalam olahan brekecek karena kekhasan rasa yang dipunyainya. Bagian ikan yang digunakan pun bukan badan ikan, melainkan hanya bagian pathak atau kepala ikannya. Sensasi menyedot dan menyeruput bagian pathakikan jahan itulah yang menjadi seni menyantap kuliner brekecek pathak jahan ini.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS
iklan pemilu h sarif abdilah

Berita Terkait