Bukan Teori, Original Konten Berbahasa Inggris Pun Include Google News Search

by

JAKARTA, CILACAP.INFO – Website di Approve Google News dan Index di Google News Search dalam bahasa Indonesia belum tentu konten berbahasa inggris juga include di Google News Search.

Faktanya banyak website besar yang menyediakan konten berbahasa inggris dengan sub kanal domain.com/en seperti salah satu media online milik metro tv maupun english.domain.com seperti english.mubasher.info tidak include google news search.

Padahal jika laman dengan sub kanal / subdirectory jika domain utama include google news, maka sub kanal pun akan include, namun ada tapinya dan kecualinya. Yakni dikecualikan untuk konten berbahasa asing, jika buat subdirectory dengan bahasa indonesia seperti Kumparan sudah pasti akan Include.

Lain halnya dengan en.tempo.co dan en.antaranews.com yang memang sudah di approve google news jauh sebelum Desember 2019 dimana google memperbarui algoritmanya yang mengedepankan aspek E-A-T dan menggunakan Algoritma Bert.

Dalam laman komunitas Google, google menyarankan untuk website multi language agar pada tiap-tiap konten berbahasa lain mendaftarkan lamannya lagi sesuai dengan bahasa yang digunakan.

Jadi berbeda halnya dengan subdirectory atau subdomain Multi Regional yang memang kontennya 1 bahasa, jadi tak perlu mendaftarkannya lagi di google news.

Kata Google dalam pesan di email saat domain sc:cilacap.info dan https://www.cilacap.info di approve google news, google menyarankan untuk menghapus salah satunya, apalagi bahasanya berbeda, yang satu worldwide yang satu indonesia otomatis akan terjadi konflik dan mempengaruhi google discover.

Jadi meningkatkan SSL agar Grade A atau A+ adalah keamanan yang perlu diperhatikan, dan Konten Original meskipun bukan konten news yang menggunakan kaidah 5 W 1 H juga dapat include yang artinya konten original dan unik juga di prioritaskan.