Bikin Ngiler, Mukbang Kuliner Soto So Daun Mlinjo Bojong Purbalingga Yang Enak

by

PURBALINGGA, CILACAP.INFO – Ketika menyebut soto khas Purbalingga, tentu tak bakal tertinggal soto yang satu ini. Bukan hanya rasanya yang mantap, tapi keunikan daun melinjo atau dalam bahasa jawanya disebut ‘so’ yang dimakan bersama dengan soto tak mudah untuk dilupakan.

Penyajiannya daun so dipisahkan dalam mangkuk sendiri. Jadi jika Anda tak suka, tak perlu harus melahapnya. Tapi bagi penggemar kuliner unik, daun so ini benar-benar membuat acara santap-menyantap menjadi semakin dahsyat. Daun so membuat rasa soto makin kuat, segar dan gurih.

Seorang pengunjung dari Jakarta, Endro mengaku selalu terngiang-ngiang lezatnya Soto So Bojong. Tapi, menurutnya, baru kali ini dia menemukan soto yang begitu unik, sekaligus enak.

“Kuahnya enak, pake daun jadi unik, lebih sehat hahaha,” ujarnya seraya tertawa lepas. Dia berjanji, jika suatu ketika datang lagi ke Purbalingga akan memuaskan lidahnya dengan menyantap nikmat dan uniknya Soto So Bojong.

Ide mencampurkan soto dengan daun so tak lain dari pemikiran Slamet, si empunya usaha Soto So Bojong. Warga RT 3/2 Kelurahan Bojong Kecamatan Purbalingga ini semula menjual soto biasa. Dia selalu ingin orang teringat pada soto racikannya. Diapun meyakini, sesuatu yang berbeda tentu tak mudah orang melupakannya.

Jadilah banyak orang menyebut Sroto ini dengan Sroto Bu Slamet Bojong.

Setelah melalui pemikiran yang panjang, secara tak sengaja dia memperhatikan sayur asem yang dibuat istrinya. Daun so membuat sayur asem semakin kaya rasa. Lalu terbetik ide, bagaimana jika soto dagangannya dicampur dengan so.

Ternyata ide ini cukup brilian. Banyak orang menjadi gandrung dengan soto racikannya yang unik itu. Slametpun memantapkan diri berdagang Soto So sejak tahun 1974 di depan Kantor Kelurahan Bojong. Tak butuh waktu lama, Soto So Bojong semakin dikenal luas.