Ada Klaim 2 Obat Ampuh Coronavirus dari Kuba

by

HAVANA, CILACAP.INFO – Tersiar kabar bahwa ada klaim 2 (dua) obat ampuh sembuhkan coronavirus dari negara kuba, yakni negara di bagian amerika.

Bahkan, Pemerintah Kuba pada minggu ini, 24 mei 2020 mengatakan, dua obat itu telah dikembangkan oleh industri bioteknologi dalam negeri. Selain itu diklaim bahwa obat itu adalah efektif untuk mengurangi angka kematian akibat COVID-19.

Diterangkan juga bahwasanya obat itu dapat meringankan peradangan akut (hiperinflamasi) pada pasien dengan gejala sakit parah.

Otoritas kesehatan setempat juga mencatat, bahwa di sana hanya dua pasien yang meninggal dunia dari 200 pasien yang masih dirawat di rumah sakit dalam sembilan hari terakhir.

Hal itu menunjukkan negara Kuba kemungkinan berhasil menanggulangi wabah.

Pemerintah Kuba juga berharap agar dapat meningkatkan ekspor produk biofarmasinya. Bahkan pemerintah di sana telah mencoba berbagai macam obat hasil buatan biofarmasinya untuk mencegah penularan virus corona jenis baru (SARS-CoV-2), penyebab COVID-19, serta gejala penyakitnya.

Otoritas setempat juga menyebut terkait angka kematian pada pasien COVID-19 dengan gejala sakit parah berkurang setelah dua obat buatan Kuba itu mulai digunakan pada April.

Dua obat itu, itolizumab dan peptida, diyakini dapat menenangkan “badai sitokin”, kondisi tubuh yang terjadi saat sistem imun mulai menyerang jaringan tubuh sehat saat melawan virus.

Itolizumab merupakan antibodi monoklonal yang diproduksi di Kuba dan daerah lain, sementara peptida telah memasuki tahap II uji klinis untuk mengobati rheumatoid arthritis. Industri bioteknologi Kuba mengklaim jadi yang pertama menemukan peptida untuk pengobatan.

“Sekitar 80 persen pasien yang kritis akhirnya sekarat. Di Kuba, dengan menggunakan dua obat itu, 80 persen pasien yang kritis atau dalam kondisi serius berhasil diselamatkan.” Kata Presiden Miguel Diaz-Canel, Kamis (21/5) saat menghadiri pertemuan yang disiarkan oleh televisi pemerintah melansir dari laman Reuters via Antara.