Pantai Permisan Wisata di Selatan Nusakambangan

pantai permisan atau pantai kopassus
pantai permisan atau pantai kopassus

Cilacap.info — Di sebelah selatan dari Pulau Nusakambangan ternyata terdapat sebuah obyek wisata (obwis) bernama Pantai Kopassus atau lebih populer dengan nama Pantai Permisan.

Dihimpun dari Wikipedia, bahwa Pantai Permisan ini merupakan perairan yang masih sangat alami alias masih perawan. Hal itu dikarenakan lokasinya atau tempatnya bisa dikatakan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Kopassus atau Permisan tersebut memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan disana juga terdapat batu-batu karang kecil serta deburan ombak laut selatan yang tinggi. Ombak nya jika mengenai Batu karang yang berbentuk seperti bukit juga bisa memanjakan mata wisatawan.

Di pantai ini, di sebuah bukit batu ada sebuah pedang yang menghujam ke arah bukit batu tersebut dan seperti padang milik TNI, sehingga selain dinamakan Permisan juga dinamakan Pantai Kopassus.

Usut punya usut, ternyata pantai Permisan tersebut adalah tempat penggodokan para prajurit TNI. Hal itu dilakukan para prajurit TNI agar mampu menjaga dan membela keutuhan bangsa dan negara dari gangguan apapun, baik besar atau kecil yang kiranya mengganggu kedaulatan.

Maka, karena Tekad dan kekokohan para prajurit tersebut sehingga dibuatlah simbol dengan salah satu atribut TNI yakni Pisau Komando. Dan pisau itu memang terlihat seperti menghujam ke arah bukit karang.

Pantai Permisan memiliki Sejarah

Masih dihimpun dari Wikipedia. Konon, Jika air di pantai permisan surut, maka akan terlihat berbagai simbol sosial, hal tersebut sebagai bukti adanya Legenda Raja Pakualaman yang mempunyai putri cantik yang terkena wabah penyakit yang bisa sembuh dengan air mata kuda sembrani.

Dalam kisahnya, Sang Raja Pakualam tersebut konon mengirim utusan untuk mendapatkan obat, akan tetapi selalu gagal dan pada akhirnya Sang Putri yang terkena wabah penyakit itu datang sendiri.

Putri itu berangkat ke pantai permisan dan karena kelelahan setelah perjalanan jauh sang putri kemudian beristirahat dan mandi di pantai permisan. Namun pada saat mandi, putri tersebut terseret ombak hingga ketengah laut dan terjepit di antara batu karang sehingga meninggal.

Menurut kisah, peristiwa sang putri itu ada kaitannya dengan Batu Karang berbukit. Dimana jika melihat dari kejauhan ke arah bukit karang itu, maka akan tampak atau terlihat seperti kemaluan wanita. Hal itu mitosnya adalah sang putri yang terjepit dimana hanya terlihat sebagian anggota badannya tanpa busana.

pintu gerbang menuju pantai permisan
pintu gerbang menuju pantai permisan

Selain kisah raja dan putrinya ada kisah lain

Pantai permisan dikatakan demikian karena pada jaman dahulu, Datanglah para perompak dan berlabuh ke Nusakambangan, namun para perampok itu tidak melihat pantai karena pantai itu tidak tampak. Lalu para perompak tersebut kemudian permisi kepada Sang Baurekso Pulau Nusakambangan. Dan barulah pantai ini tampak sehingga disebut permisan.

Akses bagi Wisatawan yang hendak Berkunjung ke Pantai Permisan

Para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai permisan ini bisa dilalui dengan menyebrang terlebih dahulu ke Pulau Nusakambangan. Rute awal yaitu dari pelabuhan Lomanis. Dan selanjutnya menuju pelabuhan Sodong dengan menggunakan kapal feri.

Usai sampai di pelabuhan, para wisatawan bisa langsung menuju ke Pantai Permisan yaitu dengan menggunakan transportasi darat.


Penulis : hasan
Editor : bayu
Jumlah Artikel 368 Pos