Destinasi Wisata Curug Di Cilacap Barat

curug bandung limbangan wanareja
curug bandung limbangan wanareja

Cilacap.info — Wilayah yang terbentang di cilacap bagian barat memiliki pesona keindahan alam yang tak kalah menariknya dari wisata-wisata lainya.

Kondisi wilayah yang diliputi pegunungan atau perbukitan ini, tak ayal jika di cilacap bagian barat terdapat sejumlah panorama yang tersembunyi seperti curug (Air Terjun).

Air Terjun yang dingin dengan kondisi yang masih alami ditambah panorama tumbuh-tumbuhan hijau serta udara pegunungan yang segar, bisa jadi tujuan untuk memanjakan diri dari kesibukan atau aktivitas sehari-hari.

Berikut destinasi wisata curug di cilacap barat dari Cilacap.info:

1. Curug Bandung

Terletak di sebuah desa di Limbangan Kecamatan Wanareja, Curug Bandung memiliki 2 terjunan dengan ketinggian +/- 25 Meter.

Untuk menyentuh airnya saja harus melalui jalan yang menanjak dengan sepeda motor, setelah itu menuruni bukit.

Disini akan terlihat tumbuhan hijau dan sawah serta air yang mengalir dari sumber-sumber mata air, jalan yang licin karena basah benar-benar harus berhati-hati.

Namun jauhnya lokasi baik dari Kecamatan Wanareja melalui jalan beraspal yang menanjak bisa menempuh +/- 40 menit. Ditambah harus jalan kaki yang terbilang hampir +/- 20 menitan berjalan kaki terbayar dengan keindahan alam disekitarnya.

Tidak hanya ada curug ini saja, diatasnya masih ada 2 curug yang lebih besar dan tak kalah bagusnya, namun lokasi yang sulit untuk diakses, sehingga orang lebih memilih dan lebih banyak mengenal curug bandung ini saja.

2. Curug Cimandaway

curug cimandaway dayeuhluhur
curug cimandaway dayeuhluhur

Kalau sudah berkisah tentang curug yang satu ini, berkunjung kesana akan mendapati keindahan yang lebih.

Pasalnya selain bisa menikmati indahnya alam juga bisa melihat cantiknya wanita penduduk sana 😂😂😂. Taukah kamu jika wanita di dayeuhluhur itu cantik-cantik juga loch 😛.

Curug Cimandaway Terletak di sebuah desa bernama Datar kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Curug Cimandaway memiliki Air Terjun dengan ketinggian mencapai +/- 100 meter. Sehingga menjadikan curug cimandaway adalah salah satu curug tertinggi di Kabupaten Cilacap.

Selain itu, dari air terjun Cimandaway, airnya mengaliri 2 sungai (Sungai Cikawalon dan Sungai Cidayeuh), uniknya diatas bernama Sungai Singaraja. Sedangkan airnya yang jatuh, sudah memasuki Sungai yang bernama Cikawalon.

3. Curug Manik

curug manik majenang
curug manik majenang

curug dengan tinggi +/- 40 meter ini cukup membingungkan sebagian orang. Pasalnya menurut warga dari kecamatan wanareja, curug satu ini masuk kecamatan wanareja tepatnya di desa gintung dan dinamakan curug cigintung atau cimanik cigintung.

Sedangkan menurut orang majenang, curug ini masuk kecamatan majenang tepatnya di desa cibeunying. Tapi sebetulnya curug Manik masuk Kecamatan Majenang.


Penulis : ayu
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 32 Pos