oleh

Wisata Pulau Momongan dan Kisah Terbentuknya

CilacapPulau Momongan merupakan habitat dari hutan mangrove yang terletak di wilayah Desa Jetis Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Pulau Momongan berasal dari nama Platar Tengah, dinamakan demikian karena berawal dari masyarakat Desa Jetis. Dalam hal ini adalah kelompok masyarakat yang tergabung dalam Desa Wisata Karang Banar. Dan kemudian mengubah nama Platar Tengah menjadi Pulau Momongan. Hal ini bertujuan untuk lebih marketable dan lebih mudah untuk diingat orang.

Baca Juga :   Wisata Air Terjun Curug Cimandaway di Dayeuhluhur Cilacap

Sedangkan Platar Tengah ini merupakan tanah timbul yang berada diantara wilayah Kebumen dengan Kabupaten Cilacap, yang ditumbuhi oleh tanaman mangrove dan nipah.

Sejarah nama Pulau Momongan
Mengenal nama momongan mengingatkan kita dengan arti memomong (red:mengasuh), hal ini karena dari kebiasaan warga setempat yang sering momong anak atau cucu mereka diwilayah tersebut.

Selain diatas tadi yakni karena aktivitas warga masyarakat setempat yang pernah mencoba peruntungan untuk meminta keturunan diwilayah Pulau Momongan.

Baca Juga :   Curug Kokol di Kecamatan Cimanggu Cilacap

Jadi Rekomendasi Kemenpar

Pulau momongan masuk dalam daftar 10 Top wisata (Destinasi) di Cilacap yang direkomendasikan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan baru-baru ini juga Kemenpar menggelar Lomba Foto Instagram berhadiah. Ini tentu menjadi Persiapan bagi pengelola wisata Pulau Momongan yang akan dibanjiri oleh para wisatawan.

Seperti hutan Mangrove di Kampung Laut
Melihat Pulau Momongan yang ditumbuhi dengan pohon mangrove mengingatkan kita dengan Wisata Hits Hutan Mangrove di Kampung Laut Cilacap.

Baca Juga :   Sejumlah potensi wisata ada di Kampung Laut Cilacap

Namun yang membedakan disini ialah jarak tempuh. Apabila ke Kampung Laut butuh waktu lama untuk mencapai lokasi dan dengan menggunakan kapal dua kali, ke Pulau Momongan tidak terlalu jauh sehingga Pulau Momongan bisa jadi Alternatif bagi para wisatawan.