oleh

Wisata Curug Geulis di Cipari Cilacap

Cilacap.info – Di Kecamatan Cipari yang merupakan wilayah barat Kabupaten Cilacap Jawa Tengah terdapat wisata berupa air Terjun bernama Curug Geulis, bukan hanya di Bogor.

Arti kata “Geulis” jika ditelusuri adalah berasal dari bahasa sunda yang berarti Cantik. Sedangkan Curug juga berasal dari bahasa sunda yang berarti Air Terjun.

Namun, Cipari adalah kecamatan yang hampir seluruh warganya berbahasa jawa, khususnya dialeg Jawa Banyumasan (Panginyongan).

Menilik Curug Geulis (Air Terjun Cantik) di Cipari Cilacap, secantik apa sih curugnya, pasti buat traveler penasaran.

Curug Geulis merupakan kawasan yang direkomendasikan untuk dijadikan desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab Cilacap).

Baca Juga :   Cairkan Suasana Kepenatan Mudik dengan Mengunjungi Wisata Di Kota Cilacap

Curug satu ini sudah mengantongi SK Bupati dengan Nomor : 556/213/18/Tahun 2012.

Lokasi Curug Geulis : Curug geulis berlokasi di Desa Cisuru, Kecamatan Cipari, Cilacap.

Sedangkan Perjalanan menuju Cipari, jika dari arah Kota Banjar bisa melalui 2 (dua) jalur, yakni Melalui Langensari – Banjar, Lakbok, Purwadadi – Ciamis melalui Bendungan Manganti.

Kemudian Menuju Kedungreja, Sidareja dan baru Cipari. Atau melalui Banjar Patruman, Dayeuhluhur, Wanareja.

Adapun jika para traveler dari jauh, bisa dengan menyewa penginapan jika ingin ke Curug Geulis Cipari.

Fasilitas Penginapan berupa Rumah-rumah warga yang sebelumnya bisa dengan menghubungi Pokdarwis setempat.

Baca Juga :   Wisata Benteng Pendem Teluk Penyu Cilacap

Mengapa Curug Geulis menjadi Desa Wisata?, sebab di sana terdapat Curug yang tidak jauh (berdekatan) yakni salah satunya Curug Pengantin di Segaralangu.

Dan ada juga Wisata Pemandian Air Panas yang konon bisa menyembuhkan penyakit, dan lokasinya tidak jauh dari Curug Geulis, kira-kira 400 meteran.

pasalnya bukan hanya potesi wisata alam berupa curug saja yang terdapat di desa Cisuru Cipari.

Disana ada perkebunan karet dan juga pengolahannya, jadi hal itu bisa menjadi sarana untuk melakukan edukasi atau pendidikan kepada anak-anak.

Selain itu, di desa Cisuru juga terdapat kuliner berupa Emping (buah melinjo yang dijadikan kerupuk). Juga ada kuliner berupa Tempe Klentang.

Baca Juga :   Foto: Lalu Lintas di Jalur Lintas Selatan Bandung Banyumas Yogyakarta Pasca Tertutup Lumpur 30cm di Majenang Cilacap

Yang terakhir ini baru dengar kan, biasanya jika mendengar nama tempe, yaitu kedelai yang difermentasi. Adapun hal tempe di Banyumas dan Cilacap cukup familiar, salah satunya untuk dibuat mendoan (yakni tempe yang dimasak menggunakan minyak, namun beradonan tepung).

Tapi Tempe Klentang ini bukan berasal dari kedelai loh sobat Traveler, melainkan dari biji karet yang diolah, duh seperti apa ya rasanya.

Kembali lagi mengenai Curug Geulis, Curug ini memiliki ketinggian sekira 20 meter dan bisa ditempuh 2 kilometer dari pusat kecamatan cipari.