oleh

Wisata Bukit Panorama Ketapang Indah Dayeuhluhur Cilacap

Cilacap.info – Explore Wisata alam yang terletak di Dusun Kamuning Desa Matenggeng Kecamatan
Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Terletak di Ujung barat kabupaten Cilacap dan berbatasan dengan Banjar Pataruman Kota Banjar dan Ciamis Jawa Barat, Dayeuhluhur Cilacap memiliki wisata alam potensial.

Di Dayeuhluhur Cilacap tidak hanya ada Cagar Alam yang oleh masyarakat disana di sakralkan yang dijuluki dengan nama hutan larangan.

Namun di dayeuhluhur Cilacap juga terdapat wisata alam bernama bukit panorama ketapang indah.

Melihat hijaunya pemandangan berupa pepohonan dibawahnya dengan hamparan persawahan.

2. Curug Cimandaway Dayeuhluhur

Curug Cimandaway, wisata air terjun yang terletak di dusun Serang Desa Datar Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Curug tertinggi di Kabupaten Cilacap ini sudah sangat terkenal, tak sedikit orang pergi untuk berlibur ke Wisata air terjun Cimandaway.

Yang berkunjung ke curug Cimandaway tak hanya masyarakat lokal dari Cilacap, namun masyarakat dari luar daerah juga kerap mengunjungi wisata air terjun di Kecamatan Dayeuhluhur ini.

Letak Dayeuhluhur, yakni berada di ujung kulon atau paling baratnya Cilacap, jadi tak heran, jika Para pengunjung yang datang, ada yang dari Kota Banjar dan Ciamis Jawa Barat.

Curug Cimandaway diperkirakan memiliki ketinggian Air Terjun mencapai +/- 100 meter.

Jika dibanding curug-curug yang lain yang ada di Cilacap, curug Cimandaway inilah yang paling tinggi.

Air yang mengalir dari curug Cimandaway ini mengaliri 2 (dua) sungai (Sungai Cikawalon dan Sungai Cidayeuh).

Ada yang unik dengan curug satu ini, dimana mempunya nama sungai yang berbeda. Yakni diatas curug Cimandaway, sungainya bernama Singaraja.

Namun air yang jatuh dari atas tersebut dan jatuhnya itu mempunyai nama sungai yang berbeda yakni Cikawalon.


3. Hutan Larangan di Dayeuhluhur

Di ujung kulon (barat) kabupaten Cilacap terdapat kawasan hutan konservasi habibat satwa liar bernama hutan larangan. Hutan ini terletak di Desa Hanum Kecamatan Dayeuhluhur, atau di wilayah Cibeet.

Kecamatan Dayeuhluhur ini keseluruhan masyarakatnya berbahasa sunda halus seperti di Ciamis. Areanya pun berbatasan dengan Kota Banjar dan Ciamis Jawa Barat di sebelah baratnya, sedangkan utaranya memasuki daerah Brebes.

Seperti halnya orang pasundan di jawa barat, di dayeuhluhur juga dalam hal keseniannya mirip di jawa barat. Seperti tari-tarian ronggeng, namun juga ada tarian berkolaborasi antara kesenian Sunda dan Banyumasan.