oleh

Wisata Alam Curug Mandala di Jeruklegi Cilacap

CILACAP.INFO – Di kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap masih menyimpan wisata alam berupa Curug atau Air Terjun, yaitu Curug Mandala. Lokasinya berada di desa Mandala, Jeruklegi dan letaknya sebelah timur dari Bandara Tunggul Wulung tepatnya sebelah timur bandara tersebut dan bisa dilalui melalui pertigaan dekat alfamart.

Mungkin dari sebagaian masyarakat di Cilacap ada yang belum mengetahui curug satu ini. Maka, kali ini kami akan memberikan sedikit info tentang Curug Mandala tersebut.

Kisah Curug Mandala

Baca Juga :   Pesona Keindahan Pantai Pasir Putih Ranca Babakan Kampung Laut Cilacap

Menurut kisah atau ceritanya yang diriwayatkan secara turun-temurun dari warga sekitar, bahwasanya curug ini ada kaitannya pada jaman kolonial belanda.

Nah, penasaran kan tentang kisahnya ini. Jadi, pada waktu indonesia dijajah oleh belanda, dahulu warga di jeruklegi bersembunyi diperbukitan. Lalu para londo itu pun mengejar ke perbukitan, mereka kemudian membom sebuah bukit yang akhirnya bukit itu menjadi sebuah terjunan dengan air mengalir dari atasnya.

Usut punya usut ternyata kawasan bukit yang dibom oleh belanda itu adalah sebuah sumber mata air. Karenanya bukit itu menjadi sebuah cerukan yang dari atasnya mengalirkan air. Benar tidaknya kisah ini kita kembalikan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah menciptakan Bumi beserta isinya, dimana banyak keindahan yang terlihat atas Kuasa-Nya.

Baca Juga :   Wisata Gunung Randu di Kecamatan Jeruklegi

Buat sobat traveler yang suka dengan wisata alam, curug Mandala ini bisa memjadi tempat tujuan untuk berwisata.

Akses Jalan ke Curug Mandala

Akses Jalan ke curug yang berada di Jeruklegi ini terbilang tidak jauh jika diakses dari Kota Cilacap, dari Cilacap Utara juga terbilang dekat, dari Kesugihan, Maos juga dekat.

Baca Juga :   Tempat Wisata Di Kecamatan Kampung Laut Cilacap

Jika berkunjung dari arah Kota Banjar atau Ciamis Jawa Barat, bisa melalui 2 jalur. Yaitu bisa ambil arah Wanareja, Majenang, Cimanggu, Karangpucung, Lumbir Wangon Banyumas.

Atau bisa melalui, Wanereja, Cipari, Sidareja, Gandrungmangu dan Kawunganten. Dan bisa juga melalui Bendungan Manganti melalui Langensari, Banjar, atau Purwodadi Ciamis, menuju Kedungreja, Sidareja, dan seterusnya ke arah jeruklegi.