oleh

Warga Perbatasan Cilacap Jateng dan Ciamis Jabar Bakal Miliki Jembatan Penghubung

Cilacap.info – Kabar baik datang dari pemerintah daerah (pemda) Cilacap dan Ciamis, pasalnya kedua kabupaten ini menjalin kerjasama untuk pembangunan jembatan.

Dalam hal ini yakni jembatan penghubung Cilacap dan juga Ciamis, tepatnya di Desa Tarisi Kecamatan Wanareja dengan Desa Sidaharja Kecamatan Lakbok.

Kerjasama pembangunan bakal jembatan penghubung ini tentunya akan mempermudah masyarakat di kedua wilayah beda provinsi tersebut.

Pasalnya kedua wilayah ini terhalang oleh sungai yang bernama Citanduy (Sungai Citanduy adalah sungai besar dan panjang melintasi tasikmalaya, ciamis, kota banjar, cilacap).

Untuk menyukseskan pembangunan maka kerjasama dilakukan, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melakukan KUNKER (Kunjungan Kerja) ke Kantor Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap.

Dalam acara Kunker dan Silaturrahmi tersebut, Bupati Herdiat Sunarya mengatakan, pembuatan jembatan yang menghubungkan Desa Sidaharja Lakbok dengan Desa Tarisi Kecamatan Wanareja Ini merupakan salah satu wujud kesepakatan bersama dari Kabupaten/Kota wilayah perbatasan yang terhimpun dalam Kunci Bersama (Jabar-Jateng 9 Kab/Kota).

“Tujuannya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, khususnya wilayah perbatasan. Usulan strategis pembangunan jembatan tersebut telah disampaikan Pemkab Ciamis dalam Kopdar 1 tahun 2020 di Purwakarta. Pemkab Ciamis mengusulkan Jembatan tersebut menjadi prioritas pembangunan Provinsi Jawa Barat.” Kata Bupati Ciamis Herdiat seperti dalam keterangan tertulis di laman humas.ciamiskab.go.id.

Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji juga menyampaikan, bahwa Cilacap sudah dapat alokasi Jembatan Penghubung Jawa Barat – Jawa Tengah. Yakni yang menghubungkan Kabupaten Cilacap dan Desa Sukanagara Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran.

“Maka akan disepakati pembangunan Jembatan Sidaharja – Tarisi untuk mendapatkan alokasi dari sharing APBD Provinsi Jabar dan Jateng.” Jelas Bupati Cilacap.(*)