Media Online Masa Kini, Akurat, Mengedepankan Etika

Ucapan Duka Yang Benar Khusnul Khotimah atau Husnul Khotimah, Ini Dia Jawabannya?

ilustrasi ucapan Husnul Khatimah
ilustrasi ucapan Husnul Khatimah

CILACAP.INFO – Ekspresi banyak orang di dunia maya ketika mendengar dan melihat adanya kabar duka yakni dengan belasungkawa. Tak hanya itu, teriring juga do’a supaya Almarhum atau Almarhumah diterima di sisi-Nya.

Namun terkadang ucapan yang dilontarakan justru menjadi perdebataan kecil di Group Whatsapp atau Komentar Media Sosial lantaran ketambahan huruf yang artinya menjadi berbeda, ucapan tersebut yakni ‘Husnul Khatimah’ dan ‘Khusnul Khatimah.

Namanya Group yang mungkin di dalamnya terdapat banyak akun, maka tak ayal jika ada salah satu yang bermaksud menasihati.

Alih-alih dinasihati justru yang dinasihati menjawabnya “Tapi kan niatnya dari hati mendo’akan yang baik dan tidak mendo’akan yang buruk.”

Sementara pengguna yang lain memilih diam, lantaran tak mau membuat kegaduhan di sebuah grop media sosial.

Namun bagi yang mau memberitahukan suatu ilmu dan nasihat, tak salah juga pasalnya di dalam Al Qur’an Al-‘Ashr Ayat 3, Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman, yang Artinya: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasihati supaya menetapi kesabaran.”

Lalu mana tulisan yang benar ‘Husnul Khatimah’ atau ‘Khusnul Khatimah’, berikut Cilacap.info akan merangkumnya.

Melansir Jurnal Online, Makna Husnul Khatimah yakni berasal dari bahasa arab yang mana kalimat asalnya adalah حسن الخاتمة. Yakni menggunakan huruf ح ditulis atau dalam indonesia ‘h’.

“Husnul” berasal dari kata “Hasan” yang berarti baik. Sedang “Husnul” artinya Terbaik. Jadi “Husnul Khatimah” artinya Meninggal dalam keadaan yang terbaik.

Sedangkan apabila di tulis “Khusnul Khatimah” akan menjadi berbeda arti, karena makna ‘Khusnul’ artinya Terhina atau Terendah.

Jadi apabila digabungkan menjadi “Khusnul Khatimah” artinya adalah Mati dalam keadaan Terhina atau Terendah.

Sekarang sudah tahukan artinya dan mana penulisan yang tepat untuk mendoakan seseorang yang telah tiada, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Berita Terkait