oleh

Tim Contact Tracing RSUD Cilacap Periksa 2 Warga Adireja Kulon Adipala

CILACAP.INFO – Upaya memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 terus dilakukan, menyusul ditemukanya seorang PDP (Pasien Dalam Pengawasan), Pendeta RS asal Desa Adireja Kulon, Kecamatan Adipala yang positif terinfeksi virus corona.

Menindaklanjuti temuan tersebut Tim Contact Tracing RSUD Cilacap bergerak cepat untuk melakukan pendataan, pengecekan kesehatan. Dan juga pengambilan sampel swab kepada orang-orang yang pernah contac tracing dengan Pendeta RS (Pasien positif Covid-19), Jumat (10/4).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Puskesmas Adipala l Edy Sucipto, Danramil Adipala yang diwakili Pelda Mashud, Babinsa Adireja Kulon Sertu Sukarman, Babinsa Glempang Pasir Serda Rahmat, Kades Adireja Kulon Suratmi, Kepala Desa Glempang pasir Margana, serta Tim Kesehatan Puskesmas Adipala I dan II.

Baca Juga :   50.000 Pohon Mangrove Hijaukan Pulau Momongan Jetis Nusawungu

Dalam kesempatan itu, Tim Contact Tracing dari RSUD Cilacap langsung memeriksa setidaknya 2 orang yang kontak langsung dengan RS. Sdr. AI (29) dan Ibu. Mz (57) adalah 2 orang yang pernah kontak langsung dengan pasien tersebut.

Untuk mencegah penyebaran virus, kedua orang tersebut dihimbau untuk melakukan karantina secara mandiri selama 14 hari dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain. Hal ini dimaksudkan untuk memotong rantai penyebaran virus.

Baca Juga :   Kakak Bejad di Jeruklegi Cilacap ini Tega Tiduri Adik Tiri

Saat dikonfirmasi Danramil 08 Adipala melalui Pelda Mashud membenarkan adanya pemeriksaan kesehatan kepada warga di wilayah binaanya.

“Kami dari Koramil 08 Adipala yang tergabung dalam Gugus Tugas penanganan Covid-19 terus mengawal proses pencegahan penyebaran virus. Sejak ditemukanya 1 orang PDP di Kecamatan Adipala. Kita semua waspada dan mengambil langkah preventif untuk memotong penyebaranya.” Ucapnya.

Baca Juga :   Bawaslu Cilacap: Jika ada Pelanggaran Kampanye harap Lapor

Lanjutnya, “Apa yang kita lakukan hari ini bersama Tim dari RSUD Cilacap adalah upaya pencegahan dini. Agar orang orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif corona dapat dipastikan tidak terpapar virus. Dan untuk menjaga keamanan, sementara mereka kita himbau untuk mengisolasi diri agar penyebaran rantai virus corona dapat terputus.” Tegas Pelda Mashud. (* / Pendim Cilacap)