Website AMP dan Non AMP Kelebihan dan Kekurangannya

ilustrasi logo AMP website
ilustrasi logo AMP website

Cilacap.info – Antara website Accelerated Mobile Pages (AMP) dengan website Non AMP menurut Cilacap.info adalah baik website AMP. Begitu juga dalam hal kecepatan dan SEO, adapun jika dari AMP ke Non AMP hal itu justru sangat disayangkan.

Sebenarnya, seorang melihat website bukan berdasarkan AMP atau Non AMP akan tetapi berdasarkan sebuah tulisan yang tepat dengan sasaran yang dituju oleh pembaca.

Jadi, mau itu AMP atau Non AMP tidak ada pengaruhnya jika Judul Artikel kita jauh di hasil pencarian google. Maka hal ini ada kaitanya dengan teknik pengoptimalan situs atau artikel di hasil pencarian yang sering disebut SEO (Search Engine Optimazation).

Menggunakan website AMP akan cepat merangkak naik, dari yang tadinya jauh dihasil pencarian, meski yang Non AMP pun juga akan merangkak naik, naiknya tidak secepat yang valid AMP.

Dan kami kira akan berbeda juga jika anda memiliki sebuah akun media sosial yang ramai dengan follower, pasalnya ini jelas berbeda. Sebab jika anda memiliki akun media sosial dan terlebih lagi punya sebuah halaman yang ramai followernya, juga aktif berkomentar akan berpengaruh pada sebuah judul artikel dihasil pencarian google itu sendiri.

Ditambah berapa orang yang membagikannya lalu berapa banyak yang telah mengunjunginya, dan jadi populer dijagat media sosial seperti facebook. Jadi kaidah SEO satu ini berdasarkan keuntungan memiliki halaman di media sosial yang ramai yang membuat artikel anda juga cepat naik di hasil pencarian.

Namun lain halnya jika berjuang bukan dari media sosial, anda benar-benar harus menguasai teknik SEO murni. Misalnya dengan mengaktifkan Fitur AMP inilah google lebih menyukainya.

Jika ada 2 website di halaman awal pencarian google ditambah jaraknya atas atau bahwanya pas, dan judul artikelnya juga tepat dengan yang dicari pembaca, apalagi yang baca orang awam, orang akan lebih suka yang ada tanda AMP didepan alamat situs anda bila mengaksesnya via mobile.

Pasalnya orang akan mengira ini mungkin artikel plus dari google, begitu juga kami sebelum mengerti AMP, dan setelah agak lama juga kami baru tersadar dan ingin mencari tahu kenapa sih ko ada blog atau situs bila kita cari artikel di google ko ada tanda listrik, dari itulah kami cari-cari dan menenemukannya yang kemudian memutuskan menggunakan AMP.

Adapun Kelebihan dan kekurangan web AMP dan Non AMP

Kelebihan:

1. Website AMP akan sangat cepat diakses via mobile ke alamat situs yang diakses melalui Google atau Facebook. Sebab AMP HTML ini tidak banyak dengan Java Script, CSS yang berat-berat, dan ini juga kelebihannya ketimbang NON AMP, apalagi kini di Search Console ada Fitur Mobile Eksperimental.

3. Dapat Menaikan Peringkat Artikel di Google.

4. Menaikan visitor counter, sebab jika lambat sekian menit, maka kamu telah kehilangan banyak pengunjung.

Adapun kekurangannya:

1. Website Amp sangat rumit terutama dalam mengunggah Gambar, salah ukuran maka akan terdapat error di search console.

2. Tidak boleh ada kode Java Script.

Itulah Bedanya website AMP dengan Non AMP menurut Cilacap.info, apakah anda mau juga pasang menggunakan AMP.

 Penulis :    Redaksi Cilacap.info
 Editor   :    Bayu
Jumlah Artikel 398 Pos
Loading...