Mengapa Domain untuk Pelaku Bisnis Begitu Penting

ilustrasi memilih nama domain untuk website
ilustrasi memilih nama domain untuk website

Cilacap.info – Mengapa Domain Penting untuk Bisnis?. Domain adalah sebuah nama situs atau alamat website yang hanya bisa diakses melalui koneksi internet.

Domain sendiri memiliki macam-macam huruf akhiran, diantaranya .com, .net, .info, .org, dan domain seperti ini dikatakan sebagai Top Level Domain (TLD). Sedangkan seperti .co.id, or.id, adalah Second Level Domain (SLD).

Nama domain dipilih oleh para pegiat blogging atau perusahaan sebagai branding. Kegunaannya pun bervariasi sesuai yang diinginkan si pembeli, bisa untuk media online news portal, atau hanya sekedar berbagi tutorial, dan lain-lain.

Domain sesuai hurufnya memiliki arti, contoh saja .info yang berarti information, .org yang berarti organizations. Adapun .co mewakili perusahaan dan .biz bisnis, selain daripada itu domain juga ada yang sesuai dengan identitas di setiap negara, seperti di Indonesia yakni .id, Malaysia .my.

Membeli Domain mudah tapi .ID memerlukan Syarat

Membeli domain extensions .ID (Indonesia) sebagai inisial negara memerlukan persayaratan, yakni bisa dengan mengunjungi laman resmi PANDI.

Selain itu, Domain juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan Branding Bisnis.

Memiliki Domain untuk Bisnis di era Kemajuan Teknologi sangat bermanfaat. Diketahui, penduduk indonesia ada sebanyak 250 juta jiwa lebih. Dari populasi sebanyak itu, pengguna internet di indonesia ternyata tembus angka 170 juta pada mei 2019 lalu yang dihimpun dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Dari jumlah statistik pengguna internet diatas bahwasanya membangun branding untuk bisnis dengan membeli dan memiliki domain adalah langkah yang tepat. Pasalnya di era internet yang berkembang pesat seperti ini, banyak orang melakukan pembelian melalui online. Baik order, Belanja, mencari tempat, booking tiket, beli produk dan lain-lain.

Fenomena pengguna internet yang terjadi hingga merambah ke pelosok-pelosok Nusantara, tentunya hal ini dimanfaatkan sebagian besar para pelaku usaha (bisnis) maupun perusahaan. Tidak hanya sampai disini, bahkan perusahaan-perusahaan media cetak banyak yang beralih ke Media Siber dengan sebuah domain yang telah dibeli. Inilah salah satu mengapa domain untuk bisnis begitu penting? Karena punya peran.

Dari sekian banyak pemilik bisnis yang dijumpai di media sosial, kebanyakan mereka menggunakan media sosialnya untuk promosi produk dari usahanya. Namun yang lebih miris lagi ketika akun media sosial seperti Fanspage Facebook terdapat nama sebuah domain tetapi tidak bisa diakses. Bahwasanya hal tersebut tidak baik apabila berniat membesarkan bisnis atau usahanya. Tentunya jika dibiarkan, bisa diambil alih oleh orang lain kan sayang sekali.

Pasalnya dalam membeli domain dan memilikinya tidak ada alasan brands nama merk yang belum dipakai ketika di beli lalu disalahkan. Dalam ranah membeli domain tentu saja tidak bisa menyalahkan orang yang telah membelinya karena siapa cepat maka dia berhak untuk memiliki.

Jadi, jangan sampai nama merk bisnis digunakan oleh orang lain. Punya Bisnis dan Usaha beli domain dan gunakan, kemudian share ke media sosial maka bisnis anda berkesampatan dikunjungi banyak orang dengan mudah.

Membeli domain sebetulnya tidak musti harus berakhiran .com

Membeli domain tidak wajib untuk berakhiran .com meskipun ada yang berasumsi bahwa raksasa e-commerce menggunakan .com daripada yang lain dan alasan Media Sosial juga menggunakan .com, jadi, apapun domainnya yang terpenting adalah bisa mengoptimalkannya.

Jadi diketahui sukses tidak nya, bagus tidaknya domain adalah tergantung optimasi. Punya Bisnis buat website dan sudah punya domainnya, kalau artikel hanya sekitar 10 itu mungkin saja website support bisnis atau company profile. Web seperti itu tidak akan ramai dikunjungi apalagi alexanya, jika si pemilik juga tidak melakukan apa-apa seperti pasang iklan share ke media sosial meski menggunakan domain .com. Bahkan pertamina selaku perusahaan milik negara mempunyai domain dan selalu update.

Jika Media Sosial memang yang update adalah pengguna, begitu juga e-commerce yang update adalah pemasang iklan. Kuatnya iklan. Maka pengunjung akan berdatangan.

Jadi, dari kesimpulan diatas diketahui bahwa, apapun akhiran domainnya tergantung optimasi (SEO). Lah wong yang pakai domain TLD saja bisa kalah dengan yang masih menggunakan subdomain seperti blogspot.com dan wordpress.com. Namun memiliki domain premium atau sendiri akan menambah citra di mata para pembaca. Sekali lagi apapun akhiran domainnya.

Setelah memiliki domain apa yang harus dilakukan?

Memiliki nama domain saja belum bisa sepenuhnya online dan tidak langsung dapat diakses melalui internet dengan mengetikannya di web browser.

Untuk meng-online-kan website, maka Domain perlu di hubungkan dengan yang namanya Hosting.

Adapun cara menghubungkan domain ke hosting yakni dengan melakukan perubahan melalui Namesarver sesuai pihak penyedia hosting. Jika Domain kamu belinya ke penyedia hosting … dan hosting kamu juga maka biarkan default dan akan terhubung. Lalu kamu bisa install wordpress, dariupal, joomla dan CMS lain.

Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 405 Pos
Loading...