oleh

Selain Dayeuhluhur, Wanareja Juga Penghasil Kopi Robusta Terbaik

Cilacap.info – Luasnya kabupaten Cilacap Jawa Tengah (jateng), selain wilayahnya memiliki perairan (laut) juga sebagian merupakan perbukitan (pegunungan).

Perbukitan ini meliputi wilayah di Cilacap bagian barat, di wilayah ini juga kita hidup rukun berdampingan dengan masyarakat yang berbahasa sunda.

Cilacap ini memang terkenal dengan bahasa ngapak-ngapak banyumasan, namun di kabupaten ini terdapat 2 bahasa yakni jawa banyumasan dan sunda.

Baca Juga :   DPR dan Kementerian Pertanian Setujui Subsidi Pertanian

Masyarakat yang berbahasa sunda ini mayoritas terdapat di wilayah Cilacap bagian barat, dari mulai karangpucung, cimanggu, wanareja dan juga dayeuhluhur.

Berbicara mengenai dayeuhluhur, sebuah kecamatan yang berbatasan dengan Ciamis dan juga Kota Banjar, Kuningan Jawa Barat (Jabar).

Di kecematan dayeuhluhur ini merupakan penghasil kopi robusta terbaik. Bahkan sudah pernah mengikuti sebuah festival di Jerman dengan kopinya bernama Cilumping sesuai nama daerah penghasil kopi tersebut.

Baca Juga :   50.000 Pohon Mangrove Hijaukan Pulau Momongan Jetis Nusawungu

Berbicara Kopi, di Wanareja salah satu wilayah kecamatan sebelum Dayeuhluhur, wilayah ini juga merupakan penghasil kopi robusta berkualitas.

Aroma kopi dan Rasanya yang khas membuat kopi lokal di pegunungan wanareja diburu.

Adapun kopi-kopi ini ditanam di wilayah Desa Palugon yang daerahnya merupakan dataran tinggi, memiliki iklim atau cuaca yang dingin serta cocok untuk ditanam kopi.

Baca Juga :   Disangka Hoax, Postingan TKI Hong Kong Menjerit Karena Masker Mahal Nyata

Kopi-kopi tersebut ditanam oleh para petani lokal dilahan-lahan milik petani. Biasanya kopi lokal asli Wanareja Cilacap ini dijual dalam bentuk biji.

Namun sekelompok petani sekitar juga memulai menjualnya dengan sudah menjadi bubuk kopi.