Sekelumit Kisah Tentang Obyek Wisata Kemit Forest di Sidareja Cilacap

oleh

CILACAP.INFO – Sekelumit Kisah Tentang Obyek Wisata Kemit Forest di Sidareja Cilacap. Kemit Forest Education adalah obyek wisata (Obwis) yang terletak di Jalan Srikaya Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dari Pusat Kota Kabupaten Cilacap lokasinya berjarak 20 Kilometer.

Kemit menurut warga sekitar adalah sebuah lembah. Kemit ini kemudian dipermak apik oleh crew dari Masterbee Indonesia untuk dijadikan tempat wisata. Dengan Proses permak yang disinyalir menghabiskan dana lebih dari Rp 1,5 miliar. Anggaran ini dikeluarkan untuk pengadaan wahana-wahana baru di Kemit Forest.

Selain itu, wisata dengan Luas lahan 1/2 hektar ini dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Barat yang bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Mulya.

Sejarah Kemit Forest sebelum menjadi wahana wisata seperti sekarang merupakan areal hutan yang ditumbuhi pohon-pohon Pinus lebat.

Pada saat itu, budaya selfie di tempat-tempat yang dirasa bagus dan indah menjadi daya tarik generasi muda untuk mengekspresikan diri. Mereka berswafoto, membungkus sebuah kenangan dari obyek dalam capture dengan background pemandangan indah.

Begitu juga dengan apa yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi di Kecamatan Sidareja. Dari sinilah Kemit Forest berawal, kemudian dibangun dan diresmikan pada 27 November 2017.

Setelah diresmikan, Nama Kemit Forest Education yang tadinya hanya sebatas hutan biasa, menjelma menjadi wahana indah yang melambung dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai Kota. Viral dan menjadi wisata yang ngehit.

Para pengunjung Kemit Forest diantaranya ini berasal dari Banyumas, Kebumen, Purbalingga Bahkan dari Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Pangandaran dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kemit Forest Education saat itu benar-benar viral. Para wisatawan dimanjakan dengan berbagai Fasilitas. Dan tidak lupa, ketika sudah menjajahi wisata ini para wisatawan mengabadikan momen berwisata, baik bersama teman, pacar maupun sanak keluarga.