Lagi, Kemunculan Buaya di Segara Anakan buat Pemancing Ketakutan

laguna segara anakan wikipedia
laguna segara anakan wikipedia

Pangandaran, Cilacap.info — Lagi-lagi buaya muara buat heboh warga dan membuat para pemancing rehat sementara waktu dari aktivitasnya. Kali ini info kemunculan buaya tersebut terjadi di Laguna segara anakan, Balandongan, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

Para pemancing itu rehat karena mengetahui kabar yang beredar, bahwasanya ada salah seorang pemancing yang menjumpai kebaradaan buaya di muara yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah tersebut.

Seorang Pemancing bernama Yudi warga dari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis yang merupakan penghobi mancing itu dihantui rasa takut. Pasalnya lagi asik-asik memancing ikan menggunakan perahu, tiba-tiba saja ia dikejutkan dengan 4 ekor buaya.

Ke empat ekor buaya itu muncul dan berpindah ke 2 sungai. Dua buaya ke sungai Cibereum Cilacap dan dua buaya lagi ke sungai Samurat Pangandaran.

Buaya yang menuju ke sungai samurat dari Segara Anakan inilah awal mula terjadi ketegangan pemancing yang bernama Yudi tersebut. Bagaimana tidak, 2 buaya muncul dan mengahmpiri perahu yang ditumpanginya saat asyik-asyik mancing. Namun pada akhirnya buaya tersebut menjauh dari perahu.

Kejadian tersebut bukan berarti membuat Yudi lega, karena semenjak berpas-pasan dengan si raja air bermoncong panjang, bergigi tajam pada senin (8/7/2019) itu membuat Yudi trauma.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang warga Kalipucang Pangandaran, Rudi. Ia juga mengatakan akan rehat sejenak semenjak beredar kabar adanya buaya muara di Laguna Segara Anakan.

“Semenjak ada kabar beredar tentang kemunculan buaya, mau tidak mau harus berhenti mancing dulu disana, soalnya takut,” Kata Rudi.

Rudi menambahkan bahwasanya temannya yang bernama Mumuh juga memergoki kemunculan buaya muara di Laguna Segara Anakan yang berada di Klaces Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap.

“Seorang Nelayan bernama Mumuh juga katanya melihat buaya muara di Klaces, Cilacap saat dia sedang menjala ikan. Kemudian ada juga yang melihat 6 ekor buaya di Selok jero,” Terang Rudi.

Buaya Muncul Kejar Perahu Pemancing asal Purwokerto

Buaya Muara di Laguna Segara anakan juga pernah membuat pemancing dan seisi perahu ketakutan dan mengegas perahunya untuk menjauh.

Bagaimana tidak lari kocar-kacir untuk menjauh dari buaya. Pasalnya pemancing yang berasal dari Purwokerto dan pengemudi Perahu Sentolo Kawat itu malah didekati buaya muara.

Sebetulnya, Para Pemancing itu memang terbiasa mancing di selat, untuk menjangkau spot pemancingan maka dibutuhkan kapal atau jasa angkutan air.

Mereka menyewa perahu, namun ketika sampai muara dari kejauhan sudah terlihat ada buaya. Bukannya takut akan keberadaan manusia, malah sang Predator Air yang ganas itu justru mendekati perahu yang ditumpangi para pemancing, sontak para pemancing dan pengemudi perahu dibuat ketakutan dan kepanikan.

Ketua Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) Kabupaten Cilacap, Tarmuji:

“Buayanya mendekat ke perahu. Karena teramat panik, maka buaya itu tidak didokumentasikan,” Ungkapnya seperti yang dilansir dari liputan6.

Lebih lanjut, keberadaan dan kemunculan buaya itu berlokasi di kawasan yang sering digunakan para nelayan untuk menangkap ikan, memasang jaring, dan memancing, maka nelayan dan juga masyarakat merasa resah, kuatir apabila buaya-buaya itu sewaktu-waktu menyerang manusia.

“Lokasinya ini berada di area yang biasanya digunakan para nelayan untuk menangkap ikan, memasang jaring, jadi hal ini tentu meresahkan, ditambah kini adalah hari libur, para wisatawan banyak berkunjung, jadi harus waspada. Kemungkinan buaya-buaya tersebut lapar, sehingga tidak takut dengan keberadaan manusia,” Jelas Tarmuji.


Penulis : hasan
Editor : bayu
Jumlah Artikel 352 Pos