Blogger Kudus Diajak Bawaslu Jadi Pengawas Pemilu

cilacap info featured
cilacap info featured

Kudus, CILACAP.INFO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif. Dalam hal ini terhadap para blogger di daerah setempat dengan harapan mereka bisa menjadi pengawas partisipatif dalam Pemilu nantinya.

Untuk itulah, Bawaslu Kudus menghadirkan para blogger di Kota Kudus dalam kegiatan sosialisasinya yang digelar di Command Center Setda Kudus, Sabtu (9).

“Kehadiran para blogger sangat dibutuhkan, karena mereka biasa berkecimpung di dunia maya lewat tulisan-tulisannya yang bisa menarik masyarakat luas.” kata pembicara dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bahrudin di Command Center Setda Kudus, Sabtu.

Menurut dia Bawaslu sebagai lembaga yang mempunyai mandat untuk mengawasi tahapan Pemilu membutuhkan dukungan banyak pihak dalam pengawasannya.

Salah satunya, kata Bahrudin yang juga anggota Bawaslu Kudus Divisi Hukum, Data dan Informasi. Yaitu dengan menghadirkan komunitas bloger Kudus untuk terlibat dalam aktivitas pengawasan.

Pelibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu, kata dia, harus di awali dengan sosialiasi dan transfer pengetahuan serta keterampilan pengawasan pemilu.

Bawaslu Kudus sepanjang 2019 tercatat sudah menggandeng banyak pihak sebagai upaya mewujudkan pengawas pemilu partisipatif.

Kegiatan terbaru, yakni menetapkan tiga desa antipolitik uang di Kabupaten Kudus, meliputi Desa Piji, Lau dan Jekulo.

“Dalam waktu dekat juga akan dibentuk desa pengawas pemilu, meliputi Desa Kaliputu, Papringan dan Jepang.” ujarnya.

Ia mengingatkan pemerintahan yang demokratis memiliki beberapa tanda, di antaranya adanya keterlibatan rakyat dalam pengambilan keputusan politik. Baik langsung maupun tidak langsung serta adanya pemilihan umum yang bebas, jujur, adil. Itu untuk menentukan pemimpin negara dan pemerintahan serta anggota lembaga perwakilan rakyat.

Adanya pelibatan masyarakat untuk menjadi pengawas partisipatif, disebabkan karena minimnya jumlah pengawas pemilu dalam satu wilayah.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait