Pukul 08 Pagi Pangandaran Diguncang Gempa 4.1 Magnitudo

cilacap info featured
cilacap info featured

Pangandaran, CILACAP.INFO – Warga Pangandaran Jawa Barat merasakan adanya guncangan gempa bumi pada Sabtu 09 November 2019 pagi sekira pukul 08.19 WIB.

Berdasarkan Analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa Bumi berkekuatan 4.1 magnitudo. Gempa ini terjadi di Pangandaran dengan berpusat pada titi koordinat 8.2 LS 107.89 BT.

“Tepatnya berada di Laut pada jarak 86 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat dengan ke dalaman 26 Kilometer.” Kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho.

Masih dari keterangannya, ditinjau dari lokasi epicenter dan ke dalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal. Yaitu akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 4.8 di Barat Daya Pangandaran Dirasakan Hingga Cilacap

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas II III MMI.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Hingga laporan ini dibuat pukul 08:38 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).” Terangnya.

Dengan adanya peristiwa gempa bumi di Pangandaran ini, Hendro mengimbau Kepada Masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG. “Karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.” Ucapnya.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait