Harga Ayam Tetap Stabil Sebelum dan Setelah Idul Adha

Peternakan ayam broiler
Peternakan ayam broiler

Cilacap.info — Harga ayam hidup dan potong di pasar majenang dan di peternakan mandiri tetap stabil. Baik sebelum dan sesudah lebaran idul adha.

Harga ayam hidup dijumpai di pasar majenang, berkisar antara Rp. 20.000,- hingga Rp. 23.000,- per kilogram nya, begitu juga di pertenakan mandiri.

Harga tersebut tentunya tidak turun dan tetap stabil dibanding usai lebaran idul fitri 2019 kemarin.

Dimana diketahui, harga ayam usai sepekan lebaran idul fitri 2019 kemarin, harga ayam dilevel peternak mandiri dan juga poultry shop anjlok hampir setara dengan harga Day Old Chicken (DOC).

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan harga di pasar yang justru tidak ikut turun, yang pada akhirnya pemilik perusahaan seperti Poultry Shop dan juga peternakan mandiri dibuat pusing tujuh keliling. Bahkan banyak yang bangkrut dan gulung tikar.

Konon, kondisi atau fenomena tersebut karena ulah para broker yang merambah ke pasar tradisional karena kelebihan stok ayam. Sehingga menjual ayam dengan harga murah. Namun anehnya di pasar tak turun, atau ada di pasar beberapa wilayah turun, namun tak malampaui batas wajar layaknya sama dengan harga DOC.

Sedangkan pada idul adha tahun ini, baik sebelum dan sesudah lebaran, harga ayam hidup tetap stabil. Baik di pasar maupun di level peternak mandiri dan juga perusahaan.

Salah satu pedagang ayam hidup yang menjualnya dengan potong bulu di Pasar Majenang Cilacap mengatakan. Saat ini harga ayam ditempat kami masih sama seperti sebelumnya yakni Rp. 23.000,- per kilogram.

"Namun di tempat kami, harga tersebut sudah termasuk cabut bulu," Kata salah satu pedagang di ujung atau belakang pasar majenang Cilacap, Kamis (15/8/2019).


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 210 Pos