TNI, Polri bersama Pemkab Cilacap Bersihkan Sungai di Sidareja Cilacap

polri tni bersama pemkab cilacap melakukan aksi bersih bersih sungai di sidareja
polri tni bersama pemkab cilacap melakukan aksi bersih bersih sungai di sidareja

Cilacap.info – TNI Kodim Cilacap, Kepolisian Resor (Polres) Cilacap bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, menggelar aksi bersih-bersih di Sidareja. Adapun kegiatan bersih-bersih tersebut dilakukan di beberapa aliran sungai yang ada di Sidareja.

Kegiatan atau Aksi Bersih-bersih sungai dari Sampah ini dilaksanakan pada hari Jum’at 8 November 2019 bersama masyarakat sekitar.

Adapun sungai yang menjadi sasaran bersih-bersih yaitu Sungai Sitengah dan Sungai Cikalong yang bermuara di Sungai Cibereum.

Dari atas Tampak banyak sampah dan juga tumbuhan liar dan eceng gondok di sungai, dan hal ini tentunya berbahaya apabila hujan tiba. Pasalnya sampah dan juga eceng gondok apabila dibiarkan bisa berdampak pada tersumbatnya sungai yang mengakibatkan banjir.

Kapolres Cilacap, Ajun Komisaris Besar Polisi, Djoko Julianto menyampaikan bahwa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan bertujuan mengantisipasi terjadinya bencana banjir. “Sebab diketahui, daerah ini (Sidareja) memang wilayah yang menjadi langganan banjir pada setiap tahunnya. Maka kegiatan ini dilaksanakan sebagai antisipasi dari banjir jika hujan tiba.” Ucap Kapolres Cilacap.

Masih terang Kapolres bahwa, baik Polri maupun TNI telah menyiapkan Posko Siaga Bencana diwilayah Kabupaten Cilacap beserta peralatan. “Posko Siaga ini ada di setiap Polsek maupun Koramil, dengan dilengkapi peralatan meskipun belum sempurna. Kendati demikian kami berharap fasilitas yang ada bisa membantu masyarakat.” Kata Kapolres.

Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia juga berharap agar wilayah lainnya juga melakukan bersih-bersih seperti di sidareja.

“Kami berharap, kegiatan bersih-bersih di Sidareja ini menjadi penyemangat untuk daerah lainnya. Yakni untuk membersihkan lingkunnya. Karena, dari melakukan upaya dalam mengantisipasi banjir ini srhingga meminimalisir resiko banjir.” Kata Syamsul.

Program Kampung Bersinar Terang

Selain kegiatan bersih sungai di Sidareja, Kapolres Cilacap bersma dengan Wabup Cilacap juga meluncurkan sebuah program, yakni “Kampung Bersinar Terang”.

Program tersebut diluncurkan di Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung, Cilacap. Program ini diluncurkan guna membentengi masyarakat dari pengaruh narkoba, radikalisme, terorisme, dan organisasi terlarang lainnya.


Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 325 Pos