Meriahnya Prosesi Upacara 17 Agustus 2019 di Kampung Laut

prosesi upacara hut ri ke74 di kampung laut cilacap
prosesi upacara hut ri ke74 di kampung laut cilacap

Cilacap.info — Di hari ulang tahun republik indonesia (HUT RI) ke-74. Warga bersama Instansi Pemerintah Kampung Laut menggelar Upacara di depan kecamatan Kampung Laut Cilacap.

Tidak seperti prosesi Upacara di daerah-daerah lain, di Kampung Laut Cilacap upacara di laksanakan di atas permukaan air Laguna Segara Anakan. Dan digelar tepat berada di kantor Kecamatan Kampung Laut.

Seperti namanya ‘Kampung Laut’, salah satu kecamatan di Cilacap Jawa Tengah dengan Perkampungan yang berdiri di atas Laut.

Sebagai Penduduk yang tinggal di Kampung Laut yang tepat berada di Laguna Segara Anakan, tempat ini adalah surganya berbagai ikan. Maka rata-rata masyarakat di kampung laut bermata pencaharian sebagai nelayan.

Kampung Laut, salah satu kecamatan yang letaknya nan jauh dari Kabupaten Kota Cilacap ini memiliki keistimewaan dan keunikan, khususnya dalam prosesi upacara memperingati HUT RI.

Sabtu, 17 Agustus 2019, permukaan air di depan kantor kecamatan kampung laut dipenuhi ribuan warga masyarakat dari Mulai anak-anak, Pelajar, Masyarakat dan juga Para pegawai pemerintah kecamatan kampung laut dan instansi terkait.

Mereka datang secara berduyun-duyun dan berkelompok menggunakan perahu kecil untuk mengikuti Upacara HUT RI ke-74 dengan antusiasme dan semangat kemerdekaan yang dibawanya dari rumah.

Usai Prosesi Upacara Peringatan HUT RI ke 74 dilaksanakan, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan parade perahu hias.

Warsono (48) warga desa Panikel RT 01 RW 03 mengatakan. Adanya kegiatan di Kampung Laut tersebut, selain memperingati HUT RI, juga sekaligus memperkenalkan daerahnya, khususnya untuk tujuan pariwisata.

Ia juga berharap dari acara yang meriah ini, agar Kampung Laut semakin maju terlebih dalam segi infrastruktur seperti akses jalan. Dia tidak ingin jika daerahnya dikabarkan adalah wilayah terpelosok yang kurang dikenal publik dan kurang maju.

“Semoga kampung laut bisa dikenal di masrakat luas, tidak paling terpelosok seperti kabar selama ini, makin maju. Jalan semakin gampang akses,” Kata Warsono.


Penulis : huda
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 49 Pos