Jauh-Jauh dari Batang, Penghayat Kepercayaan Cahya Buwana ini tiap Bulan Kunjungi Srandil

Pintu Masuk Gunung Srandil
Pintu Masuk Gunung Srandil

Adipala, Cilacap.info — Jauh jauh dari batang, komunitas penghayat kepercayaan Cahya Buwana tiap bulan kunjungi gunung Srandil.

Gunung Srandil yang terletak di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini memang kerap dikunjungi oleh banyak orang baik masyarakat lokal atau luar daerah. Tujuannya bermacam-macam, ada yang hanya sekedar berwisata atau melakukan wisata religi. Ada juga yang melakukan ritual agar mendapatkan apa yang diinginkan.

Salahsatu yang sering mengunjungi Srandil tersebut yakni komunitas paguyuban Cahya Buwana. Penghayat kepercayaan yang didirikan di Kendal pada tahun 2009 lalu tersebut setiap satu bulan datang ke Gunung Srandil.

Mereka datang guna melakukan ritual dan hanya melakukan agenda tersebut pada Jum’at Kliwon.

Ketua penghayat kepercayaan komunitas paguyuban cahya buwana, Suwarno (Teguh Wartakno) mengatakan. Setiap tanggalan jawa yakni jum’at kliwon, anggotanya berangkat dari Batang menuju ke Gunung Srandil Cilacap guna melakukan ritual.

“Kami melakukan perjalanan dari batang ke srandil untuk melakukan ritual pada jum’at kliwon setiap bulannya bersama rombongan,” Katanya.

Selain daripada itu, suwarno menyatakan bahwa paguyuban cahya buwana tersebut bukanlah sebuah agama. Jadi dalam hal ibadah, masing-masing menjalankan ibadah sesuai agama. Dan ritual itu dilakukan hanya sebatas untuk nguri-nguri budaya jawa

“Ritual ini untuk nguri-nguri budaya jawa,” Imbuh Ketua Komunitas Paguyuban Cahya Buwana.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 305 Pos