ASN Kemenag rayakan Hari Kartini dengan Lomba Masak

cilacap info
cilacap info

Aparatur Sipil Negara (ASN) KKementerian Agama Kabupaten Cilacap mengikuti apel peringatan Hari Kartini 2019 dan mengadakan Lomba Masak.

Kegiatan ini berlangsung di Halaman Tengah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jum’at (25/4/2019.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Khumsiatiningsih bertindak sebagai pembina apel peringatan Hari Kartini. Dalam sambutannya Khumsatiningsih mengatakan bahwa peringatan hari Kartini bisa menjadi momentum untuk menyegarkan kembali ingatan terhadap jasa Kartini, terhadap perjuangannya untuk kemajuan perempuan Indonesia.

“Kartini hadir sebagai persona yang merepresentasikan diri sebagai respon terhadap kultur Jawa di jaman kolonial dengan dinamika dan pergulatan hidup yang serba kompleks. Untuk menyesuaikan dan merubah persepsi, merumuskan identitas serta untuk memilih apa yang dikatakan dan apa yang tidak hendak dikatakannya” ungkapnya.

Selain diadakan apel, peringatan hari Kartini juga diisi dengan kegiatan memasak nasi goreng yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kan Kemenag Kabupaten Cilacap. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Imam Tobroni pada sambutan pembukaan lomba mengatakan sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini termasuk lomba memasak nasi goreng.

“ Nasi goreng adalah simbol cinta, karena nasi goreng kumpulan bumbu yang mewujudkan rasa sebagaimana cinta.” Ujar Imam Tobroni. Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan sosok Kartini sebagai fenomena kemanusiaan perempuan. Membaca kehidupan Kartini melalui goresan tintanya, kita akan menemukan hal-hal istimewa. Kartini adalah salah satu bukti sejarah yang menunjukkan bahwa ia manusia kritis, pembelajar dan pribadi yang peka terhadap kondisi sosial ditengah keterbatasan ruang untuk mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa.

Di akhir sambutan, Imam Tobroni mengajak untuk mengambil hikmah dan mentauladani pokok-pokok pikiran dan spirit RA. Kartini, sosok pejuang wanita inspiratif yang telah telah banyak berbuat untuk kemajuan perempuan Indonesia.


Penulis : hasan
Editor : bayu

Author Info

Jumlah Artikel 303 Pos