Cilacap, Bumiayu Diguncang Gempa, Pusatnya di Kota Banjar

ilustrasi gempa bumi
ilustrasi gempa bumi

Kota Banjar, Cilacap.info – Warga di Kota Banjar Jawa Barat dan Cilacap, Bumiayu Brebes Jawa Tengah merasakan adanya guncangan gempa bumi pada Jum’at 29 November 2019 dinihari sekira pukul 02.39 WIB.

Berdasarkan data dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa. Gempa Bumi berpusat di darat atau berada di 38 km timurlaut Kota Banjar. Yakni tepatnya berada pada titik koordinat 7.32 Lintang Selatan dan 108.88 Bujur Timur dengan kedalaman 10 Kilometer, berkekuatan 3.5 Magnitudo.

Dalam Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) Gempa ini dirasakan III MMI di Cilacap dan II-III MMI di Bumiayu Jawa Tengah.

Diketahui, Skala MMI ini merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Terutama apabila tidak adanya peralatan sesimometer di tempat kejadian.

Jika Gempa dalam skala II MMI, artinya getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang dan juga dapat dilihat dengan bergoyangnya benda-benda yang digantung.

Sedangkan jika Gempa dalam skala III MMI, artinya Getarannya ini begitu dirasakan nyata didalam rumah. Getarannya juga terasa yang dengan seakan-akan ada truk berlalu atau melintas.

Gempa ini dirasakan di Cilacap Jawa Tengah dengan skala III MMI dan hal ini dirasakan di khususnya wilayah Cilacap bagian Barat. Seperti Dayeuhluhur, Wanareja, Majenang, Cipari.

Hal ini juga diungkapkan oleh pengikut kami di Fanpage official yang kami miliki. (Hasan)

Penulis : Redaksi Cilacap.info
Editor : bayu
Jumlah Artikel 405 Pos
Loading...