Babi Hutan Serbu Ladang Warga Langkap Banyumas

ilustrasi babi hutan
ilustrasi babi hutan

BANYUMAS, Cilacap.info — Warga perkampungan di Langkap, Kecamatan Kertanegara, Banyumas, digegerkan dengan kemunculan babi hutan.

Babi-babi hutan atau celeng itu berkeliaran di ladang-ladang milik warga. Diduga hewan bermoncong yang suka dengan kubangan itu kelaparan.

Ketua KPMD Desa Langkap Musoffa Nur Alfatin mengatakan. Bahwa kemunculan babi di musim kemarau seperti ini kerap kali terjadi. Babi itu mulai memasuki ladang-ladang warga dengan berjumlah banyak.

“Kalau musim kemarau seperti sekarang ini, babi kerap kali berkeliaran ke ladang atau pemukiman warga. Sebelumnya tahun 2 ribuan belum ada serangan ke perkebunan atau ladang. Memasuki tahun 2005 kesini menjadi sering,” Kata Musoffa.

Menurut Musoffa, fenomena kemunculan babi ke ladang warga itu dikarekanakan ekosistemnya telah rusak. Selain itu hutan juga ditanami jenis pohon-pohon dengan kayu yang terbilang keras. Diantaranya Pohon Gelagah dan Kapulaga.

“Ekosistem telah rusak. Sumber makanan di hutan tidak ada. Hal ini menyebabkan babi hutan keluar hutan dan menyerbu ladang warga,” Jelas Musoffa.


Penulis : huda
Editor : bayu
Jumlah Artikel 59 Pos