BMKG Sebut Banjarnegara akan Dilanda Hujan Menengah

ilustrasi musim hujan
ilustrasi musim hujan

Banjarnegara, Cilacap.info – Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, berpeluang hujan dalam kriteria menengah hingga akhir bulan Desember 2019. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara. Senin (25/11).

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie mengatakan. Pada umumnya wilayah Banjarnegara berpeluang hujan dalam kriteria menengah yakni 76 – 150 milimeter per dasarian hingga akhir Desember.

Untuk itu, dia mengingatkan masyarakat di wilayah banjarnegara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

“Tingkatkan kewaspadaan terutama saat terjadi hujan dengan durasi yang cukup lama. Karena dikhawatirkan memicu bencana khususnya bagi mereka yang tinggal di wilayah rawan longsor.” katanya.

Dia menambahkan, selain wilayah Banjarnegara, sejumlah wilayah di Jawa Tengah lainnya juga memiliki potensi hujan dalam kriteria menengah.

“Pada umumnya wilayah lain di Jateng juga berpotensi hujan dengan kriteria menengah. Kecuali sebagian Kabupaten Cilacap dan Wonogiri serta Purworejo dan Kebumen bagian Selatan, sebagian kecil Banyumas, Klaten, Blora dan Pati. Hal ini dikarenakan curah hujannya diprakirakan masih rendah yaitu 51 – 75 milimeter per dasarian.” Terang dia.

Sebelumnya, BMKG juga memprakirakan bahwa puncak musim hujan di Banjarnegara akan berlangsung pada bulan Januari 2020 mendatang.

“Puncak musim hujan diprakirakan berlangsung pada bulan Januari untuk itu masyarakat diminta mewaspadai cuaca ekstrem mendekati puncak musim hujan nantinya.” katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPPD Banjarnegara Arief Rachman mengatakan Pemkab Banjarnegara terus meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

“Memasuki musim hujan ini kami terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.” katanya yang meminta masyarakat di wilayah setempat untuk tidak panik.

“Masyarakat juga diminta mewaspadai terjadinya rekahan tanah dan segera melaporkan kepada BPBD Banjarnegara bila menemukan kejadian rekahan tanah.” katanya. (ANTARA)

 Penulis :    Redaksi Cilacap.info
 Editor   :    Bayu
Jumlah Artikel 399 Pos
Loading...