Project Langit Biru Cilacap Raih Penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama 2019

by
Indonesia

JAKARTA, CILACAP.INFO -Direktorat Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia (MP2) Pertamina berhasil meraih penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama 2019 dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk kategori tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan kerja bidang kegiatan pengolahan untuk skala perusahaan besar. Penghargaan diterima langsung oleh Coordinator Project PLBC, Budi Anggoro bertempat di Grand Ballroom JS Luwansa Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (26/2019).

Penghargaan tersebut diberikan terkait dengan kesuksesan pelaksanaan Project Langit Biru Cilacap (PLBC) yang berada di bawah naungan Direktorat MP2 dalam menerapkan aspek HSSE zero fatality. PLBC mencatat perolehan Jam Kerja Aman sebesar 17.523.609 untuk periode 26 November 2015 hingga 30 April 2019.

Tanda penghargaan tersebut diberikan berdasarkan surat keputusan Menteri ESDM Republik Indonesia nomor 174 K/MEM/2019 tentang Pemberian Tanda Penghargaan Keselamatan Kerja Minyak dan Gas Bumi Untuk Kategori Tanpa Kehilangan Jam Kerja Sebagai Akibat Kecelakaan dan Kategori Pembinaan Keselamatan Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Senior Vice President (SVP) Project Execution Pertamina Amir H. Siagian menjelaskan keberhasilan penerapan zero fatality untuk proyek PLBC tak lepas dari kerja keras seluruh pihak maupun tim yang terlibat di dalamnya. Atas prestasi yang diraih tersebut, PLBC akan dijadikan role model bagi proyek-proyek yang selanjutnya dikerjakan oleh Direktorat MP2.

“Bisa kita bayangkan bagaimana kita menghandle 3.500 pekerja per hari dari 11 subkontraktor. Ini adalah challenge bagaimana kita mengelola safety sehingga semua pihak menaatinya. Success story ini adalah salah satu yang kita ingin tularkan ke proyek-proyek lain. Insya Allah, akan bermanfaat bagi kita semua di Pertamina,”bebernya kepada Energia.

Komentar