oleh

Permalink Website Trailing Slash dan Non Trailing Slash

CILACAP.INFO – Trailing Slash “/” dan Non Trailing Slash untuk permalink website untuk SEO (Search Engine Optimization) masih jadi polemik.

Bahkan sebagian orang atau blogger beranggapan bahwa menambahkan .html diakhiran permalink website, seperti halnya laman blogspot atau blogger. Namun perlu diketahui, bahwa laman blogger memiliki permalink yang kas, yaitu tahun dan bulan.

Dan memangnya kenapa punya laman di blogger selagi mereka mempunyai kreativitas dan memberikan informasi yang positif maka biarkan saja.

Sebelumnya laman ini dan laman-laman sebelumnya yang pernah kami buat juga non trailing slash dan lebih suka menambahkan .html, meski di wordpress.

Lantas karena mengganti tema yang juga support AMP (Accelerated Mobile Pages) maka kami menghilangkan .html. Pasalnya meski temanya support amp, namun untuk mengaktifkan tema amp sesuai tema utama, yakni akan diarahkan untuk menggunakan ?amp pada plugin AMP by Automatic.

Baca Juga :   Jangan Tersesat, Belajar SEO Gratis untuk Pemula di Google Forum Aja

Menurut kami, jika urlnya menjadi .html?amp maka terlihat tidak cantik, dan terkesan seperti query string. Maka kami menghilangkan .html dan menambahkan trailing slash.

Memang dalam setiap laman yang kami buat tentunya tidak lupa untuk mengaktifkan laman amp, tujuannya yakni agar pengunjung lebih cepat dalam mengakses website. Laman user friendly diperlukan, pasalnya semakin mudah diakses pengunjung akan semakin betah.

Laman besar identik dengan non trailing slash, pasalnya mereka membangun websitenya dengan membuatnya sendiri. Namun ada banyak juga laman dari wordpress yang non trailing slash.

Menurut CILACAP.INFO jika permalink .html menggunakan amp di wordpress, lebih cantik jika url laman amp sebelum postname atau diakahir dan begitu juga jika tidak menggunakan garis miring diakhir permalink. Jadi domain.com/amp/post atau domain.com/post/amp.

Baca Juga :   Media Online Detik.com Menonaktifkan AMP Google

Namun jika temanya support amp dan bukan dari plugin di tema tersebut, AMP nya akan ?amp. Ini jika tidak pakai trailing slash maka tidak terlihat cantik. Maka digunakanlah trailing slash diakhir agar menjadi /?amp.

Kembali Tentang Polemik Trailing Slash dan Non Trailing Slash

Berdarkan hasil pencarian yang kami dapatkan, bahwa google tidak memperdulikan permalink trailing slash dan non trailing slash diakhir permalink untuk di index di mesin pencariannya.

Mereka akan tetap mengindex laman permalink baik menggunakan garis miring atau tidak, bahkan ada tambahan .html dan sebagainya, asalkan anda konsisten pada permalink yang anda gunakan.

Jika anda tidak konsisten, dan sering mengganti permalink, maka artikel yang sudah terindex akan hilang di mesin pencarian dan akan tertera peringatan di google webmaster bahwa link dikecualikan.

Baca Juga :   10 Juni, kita peringati hari media sosial Nasional

Solusinya jika anda ingin mengganti permalink, maka gunakan redirect permalink lama ke baru. Dan di wordpress sendiri, ada banyak plugin untuk meredirect hal tersebut.