Perempuan Cilacap Gelar Diskusi dengan Tema Toxic Relationship

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Toxic relationship menjadi tema yang di pilih oleh puancilacap pada diskusi episode kali ini. Sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar kata-kata tersebut di jagad media sosial maupun dalam kehidupan nyata.

Dengan itu, pada hari Rabu, 02 Desember 2020 WIB komunitas perempuan cilacap mengadakan diskusi rutinan dalam puan thinking episode 3 bersama narasumber yang mumpuni di bidangnya.

Salah satu narasumber Teh Tia, beliau merupakan seorang sarjana psikolog dan fokus menjelaskan bagaimana toxic relationship tersebut.

Sedangkan Teh An An Aminah yang memang beliau adalah alumni duta genre dan Bang Yezar yang seorang aktivis, fokus berbicara pandangan laki-laki dan perempuan tentang toxic relationship.

Peserta yang hadir dalam diskusi daring tersebut berjumlah 25 dari berbagai kalangan.

Dalam diskusi tadi di simpulkan bahwa,Toxic merupakan sebuah racun, relationship adalah hubungan, jadi toxic relation ship adalah hubungan yang beracun.

Arti beracun di sini adalah hubungan yang bisa membunuh kesehatan psikis maupun fisik, dan merugikan produktivitas seseorang.

Akar masalah Di dalam toxic relationship berawal dari budaya patriarki yang menganggap perempuan lemah dan tidak berdaya sehingga harus di lindungi, toxic relation tidak hanya terjadi dalam hubungan asmara, namun juga bisa terjadi di dalam hubungan pertemanan bahkan keluarga terdekat.

Hubungan yang toxic sangat merugikan dalam berbagai hal. Dampaknya akan menimbulkan suatu kemarahan yang ditujukan pada diri sendiri sehingga menimbulkan kecemasan hingga depresi.

Tingkat kecemasan dan depresi yang terlalu tinggi dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan terhadap dirinya, memicu hilangnya akal lalu mengakhiri hidupnya sendiri. Maka dari itu hubungan yang toxic harus segera diselesaikan.

Kita harus bisa menyadari apakah hubungan yang sedang dijalani termasuk toxic relationship atau bukan. Jika iya, kita harus percaya bahwa kita semua berhak untuk diperlakukan dengan baik.

Komentar