Pentingnya Literasi di Era Serba Teknologi

oleh

Literasi Pentingkah, Mengapa Literasi itu Penting?, jika pertanyaan ini dialamatkan kepada kami, maka kami akan mengatakan bahwa Literasi ini begitu penting dan akan membuka jendela pengetahuan.

Literasi di jamannya arus perkembangan teknologi seperti ini, bagi saya harus pandai-pandai mencermati sebuah informasi. Apabila tidak cermat, salah-salah atau karena hanya baca judulnya saja, maka akan menimbulkan disinformasi dan akan menimbulkan prasangka atau persepsi yang buruk.

Saya ingin sedikit berkisah, bahwa di eranya seperti ini, Smartphone Canggih dan Laptop sudah banyak yang mengenalinya. Apalagi kini di sekolah mulai dari SMP juga terdapat Mapel Tik dan Praktik di ruang komputer.

Eranya seperti ini, website juga kian menjamur bak dimusim penghujan, juga kian banyak orang yang mempunyai website. Selain itu juga kian banyaknya pembuat konten kreator.

Namun demikian, Material yang ada atau Hak Cipta perlu dijunjung tinggi. Bukankah membuat artikel itu butuh waktu dan pemikiran.

Banyak hal yang kami peroleh dari rekan-rekan terkait hal tersebut, dan pernah juga diberikan cara oleh owner Media Online bagaimana caranya membuat artikel yang bersumber dari internet dengan cara dikemas apik dengan gaya bahasa sendiri.

Fenomena terkini ini, justru material yang bersumber dari internet, dan di copas ke website memang banyak Bahkan hanya asal tempel tanpa menyantumkan sumber.

Syukur apabila turut membacanya, jika tidak membacanya dan asal tempel kemudian di share dan dibubuhi persepsi buruk, maka yang membacanya pun akan menjudge buruk.

Jika demikian maka, masyarakat tentu yang dibodohi dengan informasi yang ngawur tersebut.

Disinilah pentingnya untuk bijak dalam bermedia sosial sekaligus biasakan diri untuk membacanya terlebih dahulu. Sebab literasi adalah cahaya ilmu yang akan membuat pengetahuan kita bertambah.