Paratha, Makanan Pakistan yang Rasanya Mia-Mia

oleh

CILACAP.INFO – Pakistan merupakan negara di asia selatan yang masyarakatnya menyukai makanan dari gandum. Gandum sendiri merupakan sejenis beras (tumbuhan sejenis padi) yang digiling halus menjadi tepung, ini merupakan makanan pokok selain nasi.

Menilik makanan di negara pakistan yang terbuat dari gandum yakni salah satunya paratha.

Paratha adalah makanan yang menyerupai dengan chapati dan bentuknya bulat. Dalam proses pembuatan paratha terbilang tidak sebentar.

Untuk membuat paratha yaitu gandum dicampur air secukupnya dan diamkan semalaman di dalam wadah dan ditutup.

Berbeda dengan Chapati yang langsung di bulatkan dengan alat, Paratha harus dibuat memanjang dengan menggulungnya dan kemudian dibulatkan.

Baru setelah itu dibulatkan dengan alat seperti kayu, kemudian paratha ditaruh di sebuah besi yang bulat dan diapikan.

Setelah matang, bentuk paratha akan terlihat yakni memutar seperti obat nyamuk ditengah-tengah sedangkan chapati tidak, inilah yang membedakan.

Paratha cocok dimakan bersama dengan Chicken Masala atau Beef Masala atau daging Sapi dan Kari Ayam, bisa juga dengan ikan sarden.

Kriuk gurih Paratha sangat terasa di dalam mulut ketika digigit dan apabila memakan satu porsi di sebuah restaurant pakistan tak cukup hanya pesan satu porsi.

Apabila berkunjung ke arab saudi baik saat umrah ataupun berhaji, di sana banyak terdapat restaurant ala pakistan dan india, seperti paratha ada.