Pantai Permisan Wisata di Selatan Nusakambangan

by
id-ID

CILACAP.INFO – Di sebelah selatan dari Pulau Nusakambangan ternyata terdapat sebuah obyek wisata (obwis) bernama Pantai Kopassus atau lebih populer dengan nama Pantai Permisan.

Dihimpun dari Wikipedia, bahwa Pantai Permisan ini merupakan perairan yang masih sangat alami alias masih perawan. Hal itu dikarenakan lokasinya atau tempatnya bisa dikatakan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Kopassus atau Permisan tersebut memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan di sana juga terdapat batu-batu karang kecil serta deburan ombak laut selatan yang tinggi. Ombak nya jika mengenai Batu karang yang berbentuk seperti bukit juga bisa memanjakan mata wisatawan.

Di pantai ini, di sebuah bukit batu ada sebuah pedang yang menghujam ke arah bukit batu tersebut dan seperti padang milik TNI, sehingga selain dinamakan Permisan juga dinamakan Pantai Kopassus.

Usut punya usut, ternyata pantai Permisan tersebut adalah tempat penggodokan para prajurit TNI. Hal itu dilakukan para prajurit TNI agar mampu menjaga dan membela keutuhan bangsa dan negara dari gangguan apapun, baik besar atau kecil yang kiranya mengganggu kedaulatan.

Maka, karena Tekad dan kekokohan para prajurit tersebut sehingga dibuatlah simbol dengan salah satu atribut TNI yakni Pisau Komando. Dan pisau itu memang terlihat seperti menghujam ke arah bukit karang.

Pantai Permisan memiliki Sejarah

Masih dihimpun dari Wikipedia. Konon, Jika air di pantai permisan surut, maka akan terlihat berbagai simbol sosial, hal tersebut sebagai bukti adanya Legenda Raja Pakualaman yang mempunyai putri cantik yang terkena wabah penyakit yang bisa sembuh dengan air mata kuda sembrani.

Dalam kisahnya, Sang Raja Pakualam tersebut konon mengirim utusan untuk mendapatkan obat, akan tetapi selalu gagal dan pada akhirnya Sang Putri yang terkena wabah penyakit itu datang sendiri.

Komentar