Obyek Wisata Warisan Belanda bernama Pemandian Air Panas di Cipari Cilacap

oleh

CILACAP.INFO – Kecamatan Cipari adalah wilayah yang terletak di Cilacap bagian Barat yang sebelah utaranya adalah Wanareja dan Selatannya adalah Sidareja.

Namun menuju Cipari juga bisa dilalui dari Cimanggu ataupun Majenang Cilacap sedangkan dari arah barat bisa juga melewati Kedungreja.

Cipari dekat dengan perbatasan Jawa Barat seperti Banjar dan Ciamis dimana dibatasi oleh sebuah sungai bernama Citanduy.

Di kecematan tersebut terdapat destinasi wisata berupa pemandian air panas yang konon menurut sejarahnya adalah dibuat pada jaman belanda.

Baca Juga :   Sebabkan Kerumunan dan Buat Resah Masyarakat Sekitar, Kalangan Dara Di Cipari Cilacap ini Dibongkar Paksa

Menurut sejarah, pemandian air panas ini dibangun pada tahun 1930 yang maksud awalnya adalah sebagai tempat penggalian minyak. Namun proyek pada kala itu gagal dikarenakan bukan minyak yang muncul melainkan sumber air yang panas dari zat belerang.

Konon pemandian air panas tersebut juga bisa menyembuhkan penyakit dan sebagai sarana terapi pengobatan tradisional, pasalnya senyawa belerang yang terkandung, dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.

Selain itu didekat pemandian air panas itu juga terdapat Wisata Alam berupa Curug, nama curug tersebut yaitu Curug Cipari.

Baca Juga :   Video: Explore Curug Mandala, Wisata Air Terjun Penuh Misteri di Jeruklegi Cilacap

Uniknya didekat curug cipari itu juga terdapat dua curug yang bernama Curug Geulis Cisuru dan Curug Pengantin di Desa Segaralangu.